Momen Bintang Timnas Indonesia Zulham Zamrun Jadi Pilot Dadakan

Oleh Ario Yosia pada 19 Des 2016, 09:00 WIB
Diperbarui 19 Des 2016, 09:00 WIB
Gelandang Timnas Indonesia, Zulham Zamrun
Gelandang Timnas Indonesia, Zulham Zamrun, menjadi pilot dadakan usai kembali dari Thailand. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Bola.com, Jakarta - Zulham Zamrun agaknya sudah bisa melupakan kegagalan Timnas Indonesia jadi juara Piala AFF 2016. Pemain asal klub Persib Bandung tersebut terlihat banyak mengumbar senyum saat perjalanan pulang bersama Tim Garuda dari Bangkok menuju Jakarta pada Minggu (18/12/2016). 

Zulham bahkan melakukan aksi kocak spontan saat pesawat Garuda Indonesia yang mengangkut skuat Tim Merah-Putih mendarat di landasan Soekarno Hatta, Banten. Ia meminta izin kepada pilot untuk masuk kabin.

Meminjam top pilot pesawat Zulham berfoto seraya berakting sebagai seorang pilot. Ia didampingi Bandung Saputra, Media Officer Timnas Indonesia yang bertindak sebagai co-pilot. "Sekali-kali jadi pilot, penasan Bos," ungkap Zulham sembari meminta tolong kepada Bola.com mengabadikan aksinya.

Sejatinya, Zulham mengaku masih memendam kekecewaan teramat sangat seiring kekalahan Timnas Indonesia dari Thailand 0-2 pada pertandingan leg kedua final Piala AFF 2016 di Stadion Rajamangala, Bangkok, pada Sabtu (19/12/2016). Hanya ia memilih mencoba menepikannya dengan aksi-aksi ceria.

Pemain Persib Bandung ini bermain pada final leg kedua final mengisi posisi Andik Vermansah yang didera cedera anterior cruciate ligament (ACL) saat Timnas Indonesia menang tipis 2-1 pada leg pertama.

Saat bertandang ke markas Thailand, Zulham tidak tampil penuh karena digantikan striker, Lerby Eliandry. Seusai pertandingan Zulham terlihat lesu duduk di kotak minuman mineral yang diperuntukkan buat Tim Merah-Putih di bangku cadangan.

Zulham Zamrun mengusap air mata usai kalah dari Thailand pada laga final leg kedua Piala AFF 2016 di Thailand, (17/12/2016). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Zulham yang merupakan pemain inti sepanjang uji coba akhirnya terpinggirkan oleh Andik Vermansah dan Rizki Pora yang tampil apik di turnamen ini. Pemain asal Ternate itu lebih banyak tampil sebagai pemain pengganti saat berjalannya turnamen.

Kesedihannya sedikit berkurang setelah diajak bertukar kaos dengan bek Thailand, Pratum Chuthong seusai
pertandingan final leg kedua. Momen tukar kaus Zulham dan Chuthong ini menarik karena keduanya juga sempat foto bareng saat leg pertama final Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, 14 Desember 2016. Wajah dan perawakan keduanya amat mirip.

Pratum Chuthong sempat dikomentari saudara kembar Zulham Zamrun yang kedua setelah Zulvin Zamrun. "Saya sendiri bingung kenapa kami benar-benar mirip," komentar Zulham yang kelahiran Ternate 19 Februari 1988.