Pemain Timnas Indonesia Diguyur Bonus Rp 200 Juta dari Pemerintah

Oleh Wiwig PrayugiAning Jati pada 19 Des 2016, 13:11 WIB
Diperbarui 19 Des 2016, 13:11 WIB
Timnas Indonesia, PSSI, Bola.com, AFF, Istana Negara, Joko Widodo
Timnas Indonesia saat makan siang bersama Presiden RI, Joko Widodo di Istana Negara, (19/12/2016). (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Bola.com, Jakarta - Meski gagal keluar sebagai juara, apresiasi tinggi tetap diberikan Pemerintah Indonesia atas perjuangan Timnas Indonesia di Piala AFF 2016. Sebagai tanda penghargaan, pemerintah memberikan bonus kepada masing-masing pemain senilai Rp 200 juta. 

Hal itu disampaikan Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, Senin (19/12/2016), saat menerima Timnas Indonesia lengkap dari pemain, tim pelatih, hingga ofisial tim.

Dalam acara itu, Timnas Indonesia juga didampingi para pejabat PSSI seperti Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan Sekjen PSSI.

"Terima kasih kepada pemain dan pelatih Timnas Indonesia, meski tidak juara, bisa sampai ke final. Masing-masing pemain akan mendapat bonus Rp 200 juta," ujar Presiden Joko Widodo, tanpa menyebutkan jumlah bonus yang diterima tim pelatih.

"Semoga dengan ini pemain semakin giat berlatih dan berprestasi di ajang yang akan datang," imbuh Presiden Jokowi disambut tepuk tangan meriah para pemain.

Keikutsertaan Timnas Indonesia di Piala AFF 2016 memang mendapat perhatian dari pemerintah. Presiden Jokowi terlihat hadir saat semifinal leg pertama kontra Vietnam (3/12/2016). Presiden juga menyaksikan final leg pertama melawan Thailand melalui fasilitas live streaming di sela kunjungan kerja ke India dan Iran.

Jelang leg kedua final, Presiden Jokowi menjanjikan bakal mengguyur Timnas Indonesia dengan bonus Rp 12 miliar bila mampu pulang dengan membawa trofi juara Piala AFF 2016. Namun, janji itu urung terealisasi karena Indonesia takluk dengan agregat 2-3 dari Thailand.

Meski begitu, pemerintah tetap menyiapkan bonus kepada Tim Garuda. Bila dijumlahkan, total bonus mencapai Rp4,6 miliar karena Timnas Indonesia di Piala AFF 2016 diperkuat sebanyak 23 pemain.