PSSI Janjikan Masa Depan Timnas Indonesia Lebih Baik

Oleh Wiwig Prayugi pada 19 Des 2016, 16:25 WIB
Diperbarui 19 Des 2016, 16:25 WIB
Timnas Indonesia
Kapten Timnas Indonesia, Boaz Solossa dan Rekan-rekannya diterima Presiden RI, Joko Widodo di Istana Negara, (19/12/2016). (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Bola.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI Letjend TNI Edy Rahmayadi mengatakan, setelah Timnas Indonesia jadi runner-up Piala AFF 2016, PSSI mulai merancang pembinaan yang terpusat untuk tim nasional, mulai usia remaja hingga senior.

Hal itu dikatakan Edy seusai mendampingi skuat Timnas Indonesia Piala AFF 2016 bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Senin (19/12/2016) siang. Edy mengatakan, skuat Garuda memiliki masa depan cerah dan semangat besar untuk bangkit.

"Bisa dilihat bagaimana perjuangan pelatih dan pemain di Piala AFF. Mereka berhasil melampaui target dan menurut saya pencapaian ini jadi semangat bagi PSSI untuk menata timnas lebih baik lagi," kata Edy.

Selepas Piala AFF 2016, PSSI akan mempersiapkan tim untuk SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia. Edy menambahkan, untuk Timnas Indonesia senior tetap dipersiapkan untuk agenda uji coba.

"Kami fokus di timnas SEA Games 2017 dan berlanjut ke Asian Games. Tapi, timnas senior juga tetap diperhatikan meskipun tidak ada agenda kejuaraan pada 2017," tegasnya.

Selain SEA Games, tahun 2017 juga ada agenda Piala AFF U-18 di Myanmar dan Piala AFF U-16 di Singapura atau Thailand. Selain itu, ada Piala AFF Futsal yang digelar di Vietnam dan Piala AFF wanita yang digelar di Thailand.

PSSI juga berjanji untuk memperbaiki kompetisi, baik usia dini, amatir, maupun profesional, demi menunjang performa di timnas dan dilanjutkan dengan pemusatan latihan. 

"Untuk uji coba kami juga merancang di dalam dan luar negeri, nanti untuk penataan timnas akan dirapatkan pada awal tahun 2017," kata Edy.

Usai Piala AFF 2016, Timnas Indonesia senior dibubarkan, para pemain dikembalikan ke klub dan daerah masing-masing.