Pemain Terbaik Piala AFF Gantikan Irfan Bachdim Main di J-League

Oleh Aning Jati pada 20 Des 2016, 11:15 WIB
Diperbarui 20 Des 2016, 11:15 WIB
Gelandang Thailand, Chanathip Songkrasin
Gelandang Thailand, Chanathip Songkrasin, saat tampil melawan Indonesia pada final Piala AFF di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/12/2016). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Bola.com, Bangkok - Kurang dari 48 jam setelah membawa timnas Thailand merebut gelar juara Piala AFF 2016 serta dinobatkan jadi pemain terbaik (MVP) Piala AFF 2016, Chanathip Songkrasin mencatatkan prestasi lain.

Jay Messi, begitu julukan Chanathip Songkrasin, resmi jadi pesepak bola pertama Thailand yang berkiprah di liga Jepang (J-League) dengan bergabung di klub Hokkaido Consadole Sapporo. Kepastian ini disampaikan di Bangkok, Senin (19/2/2016).

Chanathip akan bergabung dengan bekas klub Irfan Bachdim selama dua musim itu, mulai Juli 2017 dengan status pinjaman selama 1,5 tahun dari klub asal, Muangthong United.

Kabar ini sejatinya tidak lagi mengejutkan karena jelang bergulirnya Piala AFF 2016, Chanathip sudah disebut-sebut bakal hijrah ke klub yang musim 2017 promosi ke kasta tertinggi Liga Jepang itu. Namun, kabar itu baru jadi kenyataan Senin lalu.

Lantaran baru bergabung pada Juli 2017, Chanathip masih bisa membela Muangthong United hingga paruh musim Thai League 2017. Ia juga tetap direncanakan dimainkan Muangthong United yang turun di Liga Champions Asia 2017.

"Hari ini kita melihat mimpi seorang pesepak bola Thailand jadi kenyataan. Kami memiliki pesepak bola Thailand pertama yang bermain di Jepang. Kami sudah melakukan kontak dengan Consadole beberapa waktu lamanya. Prosesnya cukup memakan waktu karena belum pernah ada pemain Thailand pindah ke Jepang," kata Pongsak Pholanan, Direktur Muangthong seperti dikutip dari The Nation.

"Kami cukup peduli, bila harus melepas Chanathip dan bergabung dengan mereka saat Consadole masih berada di kompetisi kasta kedua karena kami meyakini dia harus bermain di kasta tertinggi liga Jepang. Begitu mereka memenangi gelar juara divisi dua dan menggapai tiket promosi ke J-League, kami langsung mencapai kesepakatan," tuturnya.

Pongsak Pholanan menambahkan status pinjaman 1,5 tahun yang disepakati kedua klub bisa berubah menjadi kontrak perpindahan permanen.

Di sisi lain, keputusan bergabung pada Juli 2017, salah satunya disebabkan karena kondisi cuaca di Sapporo. Seperti diketahui saat ini Jepang masih musim dingin, dan Sapporo, yang terkenal sebagai Kota Salju, dianggap cukup dingin untuk Chanathip sehingga bisa menyebabkan masalah buatnya. 

"Dia akan lebih dulu menjalani aklamatisasi dan kesepakatan ini juga mengizinkannya bermain bersama kami di Liga Champions Asia," kata Pongsak Pholanan.

Sebelum Chanathip Songkrasin gabung di Hokkaido Consadole Sapporo, Irfan Bachdim menjadi wakil Indonesia di pentas sepak bola Jepang, Musim pertamanya pada 2015 dilanjutkan perpanjangan kontrak pada awal musim 2016 yang berakhir di pengujung November lalu.

Namun, Irfan Bachdim tidak bisa banyak bicara karena lebih kerap jadi cadangan dan bahkan tidak masuk line-up. Alhasil, menit bermainnya pun tidak banyak. Hingga kini belum diketahui ke mana pelabuhan klub Irfan selanjutnya.

 

Lebih Dekat dengan Sandy Walsh (Part 2), Beragam Alasan untuk Bisa Bela Timnas Indonesia