Refleksi Gunawan Dwi Cahyo dari Piala AFF 2016

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 20 Des 2016, 20:30 WIB
Diperbarui 20 Des 2016, 20:30 WIB
Gunawan Dwi Cahyo, Timnas Indonesia
Bek Timnas Indonesia, Gunawan Dwi Cahyo, berpikir positif setelah tidak tampil semenit pun di Piala AFF 2016. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Bola.com, Jakarta - Bek tengah Timnas Indonesia, Gunawan Dwi Cahyo, harus menerima kenyataan dirinya tergabung dalam Tim Garuda di Piala AFF 2016, tetapi tidak sekali pun mendapatkan kesempatan untuk bermain dalam tujuh pertandingan yang dijalani Timnas Indonesia di turnamen sepak bola Asia Tenggara itu. Berkaca dari Piala AFF 2016, Gunawan Dwi Cahyo bertekad untuk bekerja lebih keras.

Tampil cemerlang bersama Persija Jakarta dengan mencetak empat gol dan sempat menjadi pencetak gol terbanyak Persija di Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo, Gunawan Dwi Cahyo dipanggil masuk ke Timnas Indonesia saat menjalani pemusatan latihan di Karawaci pada akhir Oktober 2016 dan mengikuti skuat Garuda beruji coba ke Myanmar dan Vietnam.

Namun, sejak mengikuti laga uji coba hingga Timnas Indonesia berlaga di Piala AFF 2016, tidak sekali pun pemain kelahiran Jepara itu mendapatkan kesempatan untuk bermain dalam sebuah pertandingan.

Bahkan ketika dua bek tengah utama Timnas Indonesia, Fachrudin Aryanto dan Yanto Basna, harus absen karena akumulasi kartu kuning pada leg pertama semifinal Piala AFF 2016, Alfred Riedl lebih memercayakan Hansamu Yama dan Manahati Lestusen sebagai bek tengah.

Gunawan Dwi Cahyo, yang merupakan mantan bek tengah Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2011, tidak merasa berkecil hati dengan pengalamannya bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2016. Pemain berusia 27 tahun itu justru bercermin dan bertekad untuk berusaha lebih keras demi bisa mendapatkan kesempatan yang lebih besar mengenakan jersey dengan lambang Garuda di dada.

"Dengan kondisi di Piala AFF kemarin, tidak mendapatkan kesempatan bermain membuat saya bertekad untuk berusaha lebih keras lagi. Jadi, pengalaman ini membuat saya harus bekerja keras demi bisa memberikan performa terbaik dalam setiap pertandingan yang saya jalani dan mendapatkan kesempatan lagi bersama Timnas Indonesia di masa yang akan datang," ujar Gunawan Dwi Cahyo kepada Bola.com, Selasa (20/12/2016).

Di sisi lain, Gunawan Dwi Cahyo, masih enggan mengungkapkan apakah dirinya akan tetap bersama Persija Jakarta pada musim depan atau hijrah ke klub baru.

Namun, demi mendapatkan kesempatan untuk kembali berseragam Timnas Indonesia, Gunawan sudah memasang target untuk musim depan. "Kalau bicara soal target, tentu saja saya ingin bisa membawa tim yang saya bela nanti bisa menjuarai liga pada tahun depan," tegasnya.