Hansamu Yama Jadi Kandidat Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2016

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 23 Des 2016, 21:33 WIB
Diperbarui 23 Des 2016, 21:33 WIB
Hansamu Yama, Timnas Indonesia
Bek Tengah Timnas Indonesia, Hansamu Yama, masuk dalam 10 besar pemain muda terbaik Piala AFF 2016. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Bola.com, Jakarta - Bek muda Timnas Indonesia, Hansamu Yama Pranata, menjadi salah satu kandidat pemain muda terbaik Piala AFF 2016. Pencetak dua gol Timnas Indonesia di Piala AFF 2016 itu masuk dalam 10 besar pemain muda terbaik yang dirilis oleh AFF Suzuki Cup.

Timnas Indonesia memiliki sejumlah pemain muda dalam skuat untuk Piala AFF 2016. Alfred Riedl mempercayakan nama-nama pemain muda, seperti Evan Dimas Darmono, Rudolof Yanto Basna, Hansamu Yama Pranata, Muchlis Hadi Ning Syaifulloh, Manahati Lestusen, dan Abduh Lestaluhu, untuk masuk dalam 23 pemain yang berlaga di turnamen sepak bola Asia Tenggara itu.

Namun, Hansamu Yama memang memperlihatkan kualitas yang berbeda dan mengejutkan saat turnamen tersebut digelar. Belum mendapatkan kesempatan bermain selama tiga pertandingan babak grup, Hansamu Yama Pranata membayar kepercayaan Alfred Riedl saat tampil di leg pertama semifinal Piala AFF 2016.

Tak hanya tampil sebagai pemain saat Yanto Basna dan Fachrudin Aryanto menjalani akumulasi kartu kuning, Hansamu sukses mencetak gol ke gawang Vietnam dalam pertandingan debutnya bersama Timnas Indonesia di Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu (3/12/2016). Alfred Riedl pun akhirnya terus mempercayakan lini belakang tim asuhannya kepada Hansamu hingga pertandingan terakhir.

Bek kelahiran Mojokerto ini pun kembali membuat suporter Timnas Indonesia mengelu-elukan namanya di pertandingan leg pertama final Piala AFF 2016. Pemain dengan tinggi 181 cm itu berhasil mencetak gol penentu kemenangan Indonesia atas Thailand di Stadion Pakansari, Cibinong, Rabu (14/12/2016).

Meski gagal membawa Timnas Indonesia menjadi juara Piala AFF 2016, Hansamu Yama telah membuktikan Timnas Indonesia memiliki penerus yang berkualitas di lini belakang. Bahkan AFF Suzuki Cup selaku penyelenggara Piala AFF 2016 pun memasukkan nama Hansamu sebagai salah satu pemain muda terbaik di Piala AFF 2016.

Hansamu Yama bersaing bersama pemain-pemain beken Asia Tenggara lainnya, seperti Chanathip Songkrasin yang berhasil menjadi Most Valuable Player di Piala AFF 2016, dan Siroch Chatthong yang sukses mencetak dua gol ke gawang Indonesia di leg kedua final Piala AFF 2016 sekaligus menjadi sosok kunci yang menggagalkan Timnas Indonesia meraih gelar juara Piala AFF pertamanya dalam sejarah.

10 kandidat pemain muda terbaik Piala AFF 2016 versi AFF Suzuki Cup:

Khyaw Zin Phyo 		Myanmar		Kiper		22 Tahun
Aung thu 		Myanmar		Depan		20 Tahun
Chanathip Sonkrasin	Thailand	Tengah		23 Tahun
Siroch Chatthong	Thailand	Depan		23 Tahun
Chan Vathanaka 		Kamboja		Depan		22 Tahun
Hansamu Yama 		Indonesia	Belakang	21 Tahun
Luong Xuan Truong 	Vietnam		Gelandang	21 Tahun
Matthew Davies 		Malaysia	Belakang	21 Tahun
Anumanthan Kumar 	Singapura	Gelandang	22 Tahun
Amani Aguinaldo 	Filipina	Belakang	21 Tahun

 

Wawancara Elkan Baggott