Rumor 2 Pilar Timnas Indonesia AFF 2016 Merapat ke Barito Putera

Oleh Ario Yosia pada 28 Des 2016, 18:00 WIB
Diperbarui 28 Des 2016, 18:00 WIB

Bola.com, Banjarmasin - Kehadiran figur Jacksen F. Tiago sebagai pelatih Barito Putera terbukti menjadi magnet bagi klub untuk menggaet pemain-pemain top. Klub yang musim lalu terbenam di posisi 16 klasemen Torabika Soccer Championship (TSC) presented by IM3 Ooredoo disebut-sebut bakal mendapatkan servis dua bintang Timnas Indonesia di Piala AFF 2016 lalu.

Dua pemain Tim Merah-Putih yang dimaksud adalah, Manahati Lestusen dan Abduh Lestaluhu.

"Manahati sudah menyampaikan keinginan kepada saya ingin bergabung dengan Barito. Bukan hanya Manahati yang ingin bergabung Barito tetapi juga rekannya, Abduh Lestaluhu," kata Hasnuriadi Sulaiman HB, orang nomor satu Barito Putera di situs klub.

Namun, kata Hasnuriadi, untuk mendatangkan kedua pemain tersebut manajemen Barito diminta untuk mendapatkan izin dari PS TNI, klub di mana kedua pemain itu merumput di TSC 2016.

Keduanya aktif berdinas sebagai tentara.  Barito Putera bisa menggaet kedua pemain dengan status pinjam.

Jacksen F. Tiago, pelatih Barito Putera, saat ini tengah menikmati libur Natal dan tahun di negaranya Brasil. Walau begitu ia terus memantau pergerakan tim. Ia intens melakukan komunikasi dengan manajemen berkaitan dengan kebijakan rekrutmen pemain.

Mantan pelatih klub Malaysia, Penang FA, tersebut, memang berencana membangun tim dengan mengandalkan banyak pemain muda. Mereka hanya akan didampingi beberapa pemain senior, untuk memimpin tim.

"Coach Jacksen ingin tim Barito Putera segar dengan banyak pemain belia. Ia tipikal pelatih yang senang bekerja sama dengan pemain muda. Di Persipura maupun Penang ia selalu memaksimalkan banyak pemain muda," tutur Ainul Ridha, salah satu pengurus Barito Putera yang banyak terlibat diskusi soal kebijakan transfer klub dengan Jacksen F. Tiago.

Saat ini Laskar Antasari sudah memiliki dua pemain yang baru saja membela Timnas Indonesia, yakni Rizky Rizaldi Pora dan Hansamu Yama. Jacksen berjuang memagari mereka yang terus digoda oleh klub-klub pesaing dengan banderol kontrak wah.

"Saya sudah komunikasi lewat telepon dan keduanya telah menyatakan komitmen tetap bergabung dengan Barito Putera untuk musim depan," kata Hasnuriadi Sulaiman.

Agar Rizky Rizaldi Pora dan Hansamu Yama tidak tergoda klub lain, manajemen Barito Putera menaikkan 100 persen nominal kontrak.