Sukses


Belajar dari Indonesia, Filipina Ingin Bawa The Azkals Blusukan

Bola.com, Manila - Federasi Sepak Bola Filipina (PFF) sedang mempelajari kemungkinan memainkan lebih banyak pertandingan yang melibatkan timnas di daerah-daerah. Hal itu disampaikan Presiden PFF, Mariano Araneta.

Seperti dilansir dari Manila Times, PFF mempertimbangkan langkah itu setelah mengevaluasi penyelenggaraan Piala AFF 2016. Rendahnya minat penonton saat turnamen terbesar sepak bola di Asia Tenggara itu digelar, membuat PFF harus mencari cara untuk meningkatkan dukungan terhadap timnas sepanjang 2017 ini.

"Kami benar-benar membutuhkan dukungan fans. Jadi, kami butuh pergi ke tempat di mana fans berada. Bila Anda melihat negara seperti Indonesia, ketika timnas mereka bermain, para suporter benar-benar mendukung mereka," kata Araneta.

Mariano Araneta menjelaskan PFF saat ini dalam proses mencari kemungkinan venue di berbagai provinsi di Filipina yang bisa mengakomodasi pertandingan internasional The Azkals. Beberapa lokasi yang masuk daftar di antaranya di Cebu, wilayah Visayas, serta di Bacolod.

"Ada stadion yang sedang dibangun di Cebu dan Bacolod. Bila pembangunannya sesuai rencana, semoga kami memainkan pertandingan Piala Asia di sana," ujar Araneta.

Hanya, Mariano Araneta menjelaskan bila kepastian rencana ini tidak hanya datang dari PFF melainkan bergantung pula dari persetujuan sejumlah pihak.

Di sisi lain, pejabat PFF dalam beberapa kesempatan perjumpaan dengan Bola.com saat penyelenggaraan penyisihan Grup A Piala AFF 2016 mengungkapkan bila pihaknya tidak segan untuk belajar dan menjalin kerja sama dengan Indonesia (PSSI).

Mulai bagaimana mempromosikan sepak bola, bagaimana mendatangkan suporter yang selama ini jadi perhatian PFF, hingga mendorong klub-klub di Filipina beruji coba dengan klub Indonesia. Hal itu, salah satunya disebabkan kondisi geografis Filipina yang mirip Indonesia, sebagai negara kepulauan. 

 

Video Populer

Foto Populer