Sukses


Wonderkid Thailand Ikuti Jejak Pemain Terbaik Piala AFF ke Jepang

Bola.com, Bangkok - Satu lagi prestasi dicatatkan pesepak bola Thailand. Adalah pemain muda berusia 17 tahun, Sittichok Phaso, jadi perhatian publik sepak bola di Negeri Gajah setelah dipastikan bermain di J3-League, kompetisi kasta ketiga liga Jepang, bersama Kagoshima United.

Sittichok Phaso diboyong Kagoshima United dari Chonburi dengan status pinjaman berdurasi kontrak setahun setelah tampil memikat dalam sesi trial selama beberapa hari pada awal Januari ini.

Sittichok Phaso jadi pemain Thailand kedua yang beraksi di liga Jepang setelah Chanathip Songkrasin. Chanathip, yang menyabet gelar pemain terbaik Piala AFF 2016, direkrut Hokkaido Consadole Sapporo dengan status pinjaman selama 1,5 tahun dari Muangthong United.

Gelandang berjulukan Jay Messi itu mencatatkan prestasi sebagai pemain pertama Thailand yang berkiprah di liga Jepang. Hal itu berarti, di usia yang baru 17 tahun, Sittichok Phaso jadi pemain Thailand kedua yang bermain di liga Jepang.

Berbeda dengan Chanathip yang baru bergabung dengan Consadole Sapporo pada Juli 2017, Sittichok Phaso langsung sudah bergabung dalam sesi latihan Kagoshima United. Saat ini ia bersiap menjalani persiapan pramusim dalam pemusatan latihan selama 10 hari di Kagoshima, Pulau Kyushu, Jepang.

Sittichok Phaso, yang berposisi sebagai striker, bahkan bisa langsung menjalani debut lantaran dalam waktu dekat Kagoshima United diagendakan menjalani uji coba bergengsi melawan klub peserta J1-League, yakni  Sanfrecce Hiroshima, FC Tokyo, dan Kashiwa Reysol. 

Bagi pencinta sepak bola di Indonesia, nama Sittichok Phaso mengingatkan akan kiprah Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2016. Pada 14 September 2016, Timnas Indonesia U-19 dipaksa menyerah kalah dengan skor 2-3 atas timnas Thailand di penyisihan Grup B.

Tim Merah-Putih asuhan pelatih Eduard Tjong ketika itu sempat memimpin terlebih dulu lewat dua penalti Dimas Drajat sebelum dua gol Sittichok Phaso mampu menyamakan kedudukan jadi 2-2 serta membangkitkan semangat rekan-rekannya. Thailand pun mampu menambah satu gol lagi dan mengakhiri pertandingan dengan kemenangan.

Oleh publik sepak bola Negeri Gajah, Sittichok Phaso dinilai sebagai salah satu pesepak bola Thailand terbaik dalam generasinya. Itulah mengapa ia mendapat julukan wonderkid (bocah ajaib). Bahkan pada Oktober 2016, ia masuk daftar "60 talenta muda terbaik" versi media terbitan Inggris, The Guardian.

 

Video Populer

Foto Populer