Hamka Hamzah Jadi Sasaran Cemoohan Bobotoh Persib

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 06 Feb 2017, 19:45 WIB
Hamka Hamzah

Bola.com, Bandung - Bek tengah PSM Makassar, Hamka Hamzah menjadi sasaran cemoohan Bobotoh yang memadati Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, dalam laga Grup 3 Piala Presiden 2017 kontra Persib Bandung, Senin (6/2/2017). Hamka yang pernah bermain untuk Persija Jakarta dan Arema FC dianggap sering melakukan provokasi saat menghadapi Persib.

Cemoohan Bobotoh kepada Hamka dimulai sejak nama sang pemain diumumkan masuk dalam 11 pemain inti PSM Makassar. Saat itu, Hamka tampak santai menanggapi cemoohan santai dan tersenyum ke arah tribune penonton.

Hujatan dan cemoohan para Bobotoh kepada Hamka terus berlanjut saat pertandingan. Hujatan itu terdengat saat pemain PSM bernomor punggung 23 itu menguasai bola atau membuang bola ke luar lapangan.

Hamka memang pernah bermain untuk dua klub rival Persib Bandung, yaitu Persija Jakarta dan Arema FC. Namun, sikap sang pemain yang suka melakukan provokasi menjadi penyebab lain begitu kesalnya Bobotoh terhadap mantan bek Timnas Indonesia itu.

"Sikapnya seringkali dianggap memprovokasi Bobotoh saat Persib menghadapi Arema. Itu alasan kenapa semua Bobotoh seperti itu selain karena dia pernah bermain di Arema dan juga Persija," ujar seorang jurnalis peliput Persib Bandung kepada Bola.com.

Kendati terus mendapatkan cemoohan, reaksi Hamka begitu tenang saat tampil di lapangan. Berbeda dengan ketika ia memperlihatkan senyum ke arah tribune saat mendapat sorakan bernada negatif sebelum bertanding, Hamka tampak terus fokus mengawal striker Persib, Sergio van Dijk.