Sukses


Gelandang Asing PSM Makassar Kritik Regulasi Pemain U-23

Bola.com, Bandung - Gelandang PSM Makassar, Willem Jan Pluim, angkat bicara soal regulasi pemain U-23 yang wajib dimainkan oleh klub-klub peserta Piala Presiden 2017. Kebijakan yang diterapkan ini sekaligus jadi uji coba jelang penerapan yang sesungguhnya di Liga 1 2017.

Dalam regulasi yang digunakan di Piala Presiden 2017 terkait pemain muda, setiap klub wajib mendaftarkan lima pemain U-23 serta memainkan tiga pemain U-23 selama 45 menit. Seperti yang pernah diungkapkan Ketua Panitia Penyelenggaar Piala Presiden 2017, Iwan Budianto, penerapan regulasi ini adalah salah satu jalan membentuk Timnas Indonesia yang kuat dengan jam terbang tinggi yang dimiliki para pemain muda di level kompetisi resmi.

Namun, Willem Jan Pluim punya pandangan berbeda terkait regulasi tersebut. Pemain berusia 28 tahun itu mengkritik regulasi tersebut dengan menegaskan bila pemain muda harus membuktikan kemampuannya untuk bisa masuk ke tim utama.

"Saat saya masih berusia 23 tahun, saya juga berhasil masuk tim utama. Namun, saya berhasil masuk ke tim utama karena kemampuan saya dinilai bagus, bukan karena diharuskan oleh peraturan," ujar pemain yang di usia muda bermain untuk sejumlah klub negara asalnya, Belanda, seperti Vitesse Arnhem, Roda JC, dan PEC Zwolle.

Dalam pertandingan kontra Persib Bandung di laga pertama Grup 3 Piala Presiden 2017 yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Senin (6/2/2017), PSM mendaftarkan empat pemain di bawah U-23, yaitu Reva Adi Utama, Wasyiat Hasbullah, Arfan, dan Ridwan Tawainela. Yang menarik, pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts, langsung memainkan keempat pemain U-23 itu sejak awal pertandingan.

Willem Jan Pluim mengakui keputusan Robert Rene Alberts memainkan semua pemain muda yang dimiliki PSM adalah hal yang wajar. Pemain asal Belanda itu menilai keempat pemain muda itu bermain bagus bersama PSM, meski pada akhirnya harus kalah 0-1 dari Persib Bandung.

"Tim kami memiliki pemain-pemain U-23 yang bagus menurut pendapat saya. Namun, mengenai regulasi mewajibkan setiap klub untuk memainkan pemain U-23 bukanlah hal yang bagus," ungkap gelandang PSM Makassar itu terkait regulasi yang diterapkan di Piala Presiden 2017 terkait kewajiban memainkan pemain usia muda.

 

Video Populer

Foto Populer