Sukses


Bentuk NDRC, PSSI Dapat Bantuan Rp 532 Juta dari FIFA

Bola.com, Jakarta - PSSI mendapatkan bantuan dana sebesar 40 ribu dolar AS atau sekitar Rp 532 juta, dari FIFA untuk membentuk National Dispute Resolution Chamber (NDRC). Badan untuk mengurusi sengketa antara pemain dan klub itu merupakan bagian dari proyek FIFA untuk federasi di benua Asia.

FIFA dan FIFPro datang ke Indonesia untuk membahas pilot project yang akan dijalankan di Indonesia, Malaysia, dan Kosta Rika. Dalam pertemuan tersebut, FIFA dan PSSI sepakat mengimplementasikan program NDRC secepatnya.

Menurut Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, bantuan tersebut akan lebih dulu digunakan untuk keperluan sosialisasi. "Indonesia mendapatkan bantuan USD 40 ribu dari FIFA untuk program ini. Kami akan menggunakan dana untuk menyelenggarakan seminar-seminar terkait program ini, memanggil pakar-pakar program tersebut, drafting program, dan sebagainya," ujar Joko Driyono di Hotel Sultan Jakarta, Jumat (10/2/2017).

Mengenai komposisi NDRC yang dibentuk oleh PSSI, dalam pertemuan tersebut juga FIFA menyarankan agar perwakilan klub dan asosiasi pemain ada di dalamnya.

"Untuk komposisi NDRC, dalam aturan yang diberitahukan oleh FIFA ada tiga sampai lima orang perwakilan klub, ada tiga sampai lima orang perwakilan dari asosiasi pemain. Kemudian akan ada dua orang sebagai ketua dan wakil ketua, dan itu harus orang yang memiliki kualifikasi jelas dan ada proses nominasinya," ujar Ketua Departemen Legal PSSI, Teguh Maramis.

NDRC merupakan badan arbitrase yang dibentuk dengan basis sengketa yang dibahas adalah kontrak klub dan pemain. Mengingat hal tersebut, FIFA menambahkan bahwa perwakilan asosiasi pemain yang akan masuk dalam komposisi badan arbitrase untuk menyelesaikan sengketa di bawah yurisdiksi PSSI itu harus memiliki latar belakang pengetahuan terkait hukum.

 

Video Populer

Foto Populer