Prediksi Borneo FC Vs Arema: Tim Kejutan Vs Sang Spesialis

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 12 Mar 2017, 06:45 WIB
Diperbarui 12 Mar 2017, 06:45 WIB
Piala Presiden 2017
Final Piala Presiden 2017, Pusamania Borneo FC Vs Arema FC. (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Pusamania Borneo FC dan Arema FC akan berhadapan di pertandingan final Piala Presiden 2017 yang digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu (12/3/2017) malam WIB. Laga pamungkas turnamen pramusim 2017 ini diprediksi menarik karena mempertemukan tim kaya pengalaman dan prestasi dengan tim yang secara mengejutkan mampu mencapai momen puncak.

Arema terkenal sebagai salah satu tim yang memiliki pengalaman bagus di level turnamen. Piala Gubernur Jatim 2013, Inter Island Cup 2014, Bali Island Cup 2015 dan 2016, Piala Bhayangkara 2016, dan Trofeo Bhayangkara 2017 jadi contoh gelar juara yang berhasil diraih Arema di level turnamen dalam tiga tahun terakhir.

Gelandang Pusamania Borneo FC, Asri Akbar, ikut mengakui tim berjulukan Singo Edan adalah tim spesialis turnamen. Kendati begitu, mantan gelandang PSM Makassar itu siap membawa timnya menjadi juara dengan tekad membuat sejarah di Piala Presiden 2017.

"Pertandingan final bakal berjalan seru. Arema merupakan spesialis turnamen, mereka memiliki mental untuk menjadi juara. Namun, hal itu tak akan bisa mereka lakukan dengan mudah karena kami memiliki modal semangat dan tampil tanpa beban. Saya yakin kami akan tampil mengejutkan," ujar Asri Akbar.

Sikap respek terhadap Arema juga diungkapkan pelatih Pusamania Borneo FC, Ricky Nelson. Pelatih 36 tahun itu menyebut laga kontra Singo Edan di final Piala Presiden 2017 akan menjadi momen yang sangat penting bagi timnya.

"Arema tim yang kuat. Kami bahkan perlu dua kali lipat memikirkan strategi yang harus kami persiapkan untuk menghadapi Arema ketimbang saat menghadapi tim lain," ujar Ricky Nelson.

Namun, seperti halnya yang dikatakan Asri Akbar, Ricky Nelson menegaskan timnya memang sejak awal memiliki target ke final Piala Presiden 2017 dan menorehkan sejarah. Kini langkah untuk membuat sejarah tersebut hampir diraih tim asal Samarinda itu.

Sementara Arema FC, yang usai semifinal harus kehilangan beberapa pemain karena cedera, sudah siap tampil dengan kekuatan penuh. Pelatih Arema, Aji Santoso, menegaskan Esteban Vizcarra dan Bagas Adi Nugroho yang sebelumnya harus beristirahat karena cedera, sudah bisa tampil di laga final. Optimistisme untuk meraih kemenangan dan kembali menjadi tim spesialis turnamen pun dirasakan Aji Santoso.

"Pertandingan ini akan seru dan menarik. Saya yakin seru karena ini adalah pertandingan final. Semua sudah siap, Esteban dan Bagas pun sudah siap untuk tampil setelah sempat cedera. Bahkan Hendro Siswanto pun kami bawa ke sini," ujar Aji Santoso.

Namun, Aji juga tidak ingin meremehkan Pusamania Borneo FC. Ia menyadari tim yang awalnya tidak diprediksi melangkah ke partai final itu memang memiliki kualitas yang harus diwaspadai, meski harapannya tetap Arema menjadi tim yang akan menghentikan langkah Borneo FC untuk mengukir sejarah baru.

"Keberhasilan Borneo FC melewati lawan-lawan berat dari babak penyisihan grup hingga semifinal memperlihatkan bahwa ini adalah kerja pelatih yang luar biasa dan kekompakan tim yang bagus. Namun, semoga kami bisa menjadi tim yang akhirnya menghentikan langkah Pusamania Borneo FC," ujar Aji.

Arema diperkirakan turun dengan skema terbaik yang dimiliki di final Piala Presiden 2017 dengan Cristian Gonzales menjadi ujung tombak seorang diri. El Loco akan menghadapi tantangan dengan menghadapi dua bek asing Pusamania Borneo FC yang diakui Ricky Nelson sebagai kunci keberhasilan timnya, Kunihiro Yamashita dan Dirkir Kohn Glay.

Prakiraan susunan pemain:

Pusamania Borneo FC (3-4-1-2): Wawan Hendrawan; Rachmat Latief, Dirkir Kohn Glay, Kunihiro Yamashita; Rizky Syawaludin, Wahyudi Setiawan, Asri Akbar, Diego Michiels; Patrich Wanggai; Terens Puhiri, Reinaldo Elias 

Pelatih: Ricky Nelson

Arema FC (4-3-3): Kurnia Meiga; Beny Wahyudi, Bagas Adi Nugroho, Arthur Cunha, Alfarizi; Hanif Abdurrauf Sjahbandi, Adam Alis, Felipe Bertoldo;  Nasir, Cristian Gonzales, Esteban Vizcarra

Pelatih: Aji Santoso