Sukses


Pelatih Timnas Malaysia Tuntut Hadiah Perpisahan saat Uji Coba

Bola.com, Kuala Lumpur - Timnas Malaysia akan beruji coba melawan Timnas Filipina pada durasi FIFA matchday, Selasa (21/3/2017), di Rizal Memorial Stadium, Manila. Uji coba sebagai persiapan tampil di Kualifikasi Piala Asia 2019 bagi kedua timnas itu bisa jadi merupakan masa-masa akhir Ong Kim Swee sebagai pelatih timnas Malaysia.

Pasalnya, sebentar lagi Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) bakal menggelar pemilihan presiden FAM yang baru untuk menggantikan Tengku Abdullah yang mundur pada tahun lalu.

Pemilihan digelar pada 25 Maret 2017 atau empat hari setelah Ong Kim Swee memimpin pasukannya dalam uji coba melawan Filipina itu.

Ong Kim Swee belum mengetahui apakah posisinya sebagai pelatih kepala timnas Malaysia, yang dijabatnya sejak Januari 2016, masih akan bertahan sesuai kesepakatan awal yakni hingga 2018, atau ia akan dilengserkan oleh kepengurusan FAM yang baru.

Seperti diketahui, ada dua kandidat presiden FAM dalam pemilihan nanti, yaitu Tan Sri Annuar Musa dan Tunku Ismail Sultan Ibrahim. Bila melihat situasi terkini, kans Tunku Ismail Sultan Ibrahim yang juga Putra Mahkota Kesultanan Johor disebut-sebut lebih besar untuk memenangi pemilihan.

Jika Tunku Ismail Sultan Ibrahim benar terpilih jadi presiden FAM yang baru, Ong Kim Swee hanya bisa pasrah karena Tunku Ismail Sultan Ibrahim selama ini bukanlah sosok yang menggemari karya pelatih asal Melaka itu di timnas Malaysia.

Bahkan Tunku Ismail Sultan Ibrahim sudah terang-terangan punya calon pelatih timnas Malaysia baru, yakni Mario Gomez, yang pernah membesut Johor Darul Ta'zim, klub kepunyaan sang Putra Mahkota.

Alhasil, partai uji coba melawan Filipina bisa jadi akhir kiprah Ong Kim Swee bersama timnas Malaysia. Itulah mengapa, ia menuntut kemenangan di laga nanti. Kemenangan bisa jadi kado terakhir dari pasukannya.

"Rencana itu pastinya untuk kebaikan timnas. Keputusan apapun dari presiden baru FAM selepas pemilihan nanti harus saya terima. Malah saya sudah bersiap dengan segala kemungkinan," ujar Ong Kim Swee seperti dikutip di Harian Metro.

"Apakah pertandingan uji coba melawan Filipina ini jadi yang terakhir buat saya atau tidak, terpulang pada pengurus FAM. Tugas saya memberi perhatian pada pertandingan nanti," imbuh pelatih yang membawa timnas Malaysia merebut medali emas SEA Games 2011 itu.

Keberhasilan mengalahkan Timnas Indonesia U-23 pada final SEA Games 2011 itu membuat nama Ong Kim Swee cukup akrab bagi pencinta sepak bola di Indonesia. Apalagi setelah itu ia dan timnas Malaysia yang dilatihnya kerap bersua Timnas Indonesia, yang biasanya pertandingannya berjalan panas.

 

Video Populer

Foto Populer