Sukses


Kasus Paspor Tak Membuat Karier Bertoldo di Indonesia Berakhir

Bola.com, Malang - Setelah paspor Timor Leste dicekal, gelandang Fellipe Bertoldo kini harus mengakhiri kebersamaannya dengan Arema FC. Pemain 26 tahun itu juga harus segera keluar dari Indonesia karena dia masuk dengan menggunakan paspor Timor Leste.

Meski harus meninggalkan Arema, bukan berarti karier Bertoldo di Indonesia selesai. Hal itu ditegaskan General Arema, Ruddy Widodo. "Kami justru dihubungi beberapa klub yang ingin menggunakan jasa Bertoldo. Sebab, dia masih bisa kembali ke Indonesia dengan paspor Brasil yang merupakan negara asalnya," kata Ruddy.

Arema memang mengontrak mantan pemain Mitra Kukar itu untuk mengisi slot pemain asing Asia. Sebab, kuota asing non Asia sudah diisi Esteban Vizcarra dan Arthur Cunha da Rocha.

Dalam klausul kontrak Bertoldo sudah dicantumkan jika paspor Timor Leste bermasalah, Arema berhak mengembalikannya kepada agen tanpa harus membayar kompensasi.

Pasalnya, dia mendarat di Malang bersamaan dengan munculnya sanksi FIFA terhadap federasi sepak bola Timor Leste karena pemalsuan dokumen naturalisasi pemain asal Brasil. Nama Bertoldo di dalam daftar itu.

Imbasnya, baru kemarin pemerintah Timor Leste melarang sembilan pemain naturalisasi itu untuk menggunakan paspor negara yang pernah jadi bagian Indonesia itu.

Hitungan jam setelah Arema mengembalikan Bertoldo, sudah ada empat klub yang berminat merekrutnya dengan paspor Brasil. Salah satunya klub asal Jawa Timur, Persela Lamongan. Beberapa klub itu terpikat dengan aksi pemain kidal ini saat tampil di Piala Presiden 2017.

Meski kurang gesit di lapangan karena dinilai kegemukan, Bertoldo punya skill tinggi dan akurasi umpan bagus. Lini depan Arema sempat merasa dimanjakan dengan sodoran umpan-umpan matangnya. "Kami yakin karier Bertoldo masih bisa lanjut di Indonesia karena dia punya visi bagus dilapangan," tutur Ruddy.

 

Video Populer

Foto Populer