Felipe Bertoldo Dikejar Imigrasi saat Masih Latihan di Arema

Oleh Iwan Setiawan pada 24 Mar 2017, 17:20 WIB
Diperbarui 24 Mar 2017, 17:20 WIB
Felipe Bertoldo
Gelandang Arema FC, Felipe Bertoldo dikejar pihak Imigrasi terkait paspor Timor Leste miliknya yang dicekal. (Bola.com/Iwan Setiawan)

Bola.com, Malang - Setelah dinyatakan bakal dikembalikan kepada agen, gelandang Fellipe Bertoldo ternyata masih mengikuti sesi latihan Arema pada Kamis (23/3/2017) sore di lapangan Arhanud. Padahal seharusnya dia segera meninggalkan Indonesia karena paspor Timor Leste yang digunakannya dicabut oleh negara yang menaturalisasinya beberapa tahun itu.

Pihak Imigrasi kini sudah mencari keberadaannya di Malang. Sebab, pemerintah Indonesia tidak ingin tersangkut masalah dengan Timor Leste karena disinyalir melindungi sang pemain.

Manajemen Arema sejak kemarin dihubungi oleh Imigrasi Malang. Mereka berharap Bertoldo segera keluar dari Malang menuju Jakarta atau ke luar negeri lebih dulu. Setelah itu baru boleh kembali ke Indonesia dengan paspor negara asalnya, Brasil. "Kemarin manajemen sudah berkomunikasi dengan agennya," kata Media Officer Arema Sudarmaji.

Setelah latihan dengan Arema, Bertoldo tampak lebih ramah dari biasanya. Dia melayani semua permintaan foto bareng dari Aremania hingga awak media yang meliput latihan.

Hanya, Bertoldo masih enggan berkomentar tentang persoalan paspor Timor Leste. Selain itu, dia juga kesulitan berkomunikasi langsung dengan media atau manajemen secara langsung.

Pemain yang sempat memperkuat timnas U-23 dan senior Timor Leste itu hanya menguasai bahasa Portugis sehingga hanya pemain asal Amerika Latin saja yang melakulan komunikasi dengan dia.

Rekan senegaranya, Arthur Cunha masih berhasrat Bertoldo tetap bermain dengannya di Arema. Tentu dengan catatan ada penambahan kuota pemain asing. Sebab, Arema sudah memiliki dua pemain asing non-Asia, Arthur dan Esteban Vizcarra.

Perlu diketahui, pemerintah negara pecahan Indonesia itu melapor kepada AFC agar melarang sembilan pemain naturalisasi asal Brasil menggunakan paspor Timor Leste. Sebab, dua bulan lalu, FIFA memberikan hukuman kepada federasi sepak bola Timor Leste karena pemalsuan dokumen naturalisasi para pemain itu, salah satunya adalah Felipe Bertoldo.