Sukses


3 Kriteria Utama Seleksi untuk 16 Peserta MILO Football Camp

Bola.com, Makassar - Instruktur MILO Football Championship 2017 yang juga merupakan legenda Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto, mengungkapkan tiga kriteria utama yang dijadikan pedoman dalam melakukan seleksi di empat regional kota untuk mencari 16 pemain yang layak untuk mengikuti MILO Football Camp 2017.

MILO Football Championship 2017 sudah mencapai regional terakhir, yaitu Makassar. Setelah itu, dua pelatih yang dipercaya MILO umelakukan seleksi pemain, Kurniawan Dwi Yulianto dan Zainal Abidin, akan mengambil keputusan terkait 16 pemain yang berhak mengikuti MILO Football Camp dari keempat regional MILO Football Championship.

Dari keempat regional kota yang sudah menggelar MILO Football Championship 2017, MILO tidak menetapkan berapa jumlah kuota pemain dari setiap kotanya. MILO menyerahkan kepada Kurniawan dan Zainal Abidin untuk menentukan ke-16 pemain yang layak mengikuti MILO Football Camp 2017 dengan kemungkinan, satu kota bisa mendapatkan perwakilan lebih banyak dari satu kota lainnya.

Kurniawan Dwi Yulianto menegaskan dirinya tidak akan hanya memilih pemain dengan melihat bakat atau kemampuannya dalam bermain sepak bola. Kurniawan mengungkapkan ada tiga kriteria utama yang dijadikannya pedoman dalam melakukan seleksi pemain untuk MILO Football Camp 2017.

"Bicara kriteria, saya dan coach Zainal telah sepakat kami tidak hanya memilih pemain yang memiliki bakat dan kemampuan saja. Lebih dari itu, kami ingin memiliki pemain yang pintar, itu yang pertama. Dengan mendapatkan pemain yang pintar, ia akan lebih mudah untuk menerima apa yang diinginkan dan diinstruksikan oleh pelatih," ujar Kurniawan dalam keterangan pers di Lapangan Hasanuddin, Makassar, Sabtu (8/4/2017).

"Kriteria kedua, bagaimana dengan leadership yang dimiliki sang pemain. Tak hanya bisa bermain sepak bola, tapi pemain yang bisa memberikan motivasi kepada pemain lain di dalam lapangan maupun di luar lapangan. Sementara yang ketiga adalah terkait perilaku, baik di dalam maupun di luar lapangan. Ini akan berhubungan dengan bagaimana mereka berkembang seiring usia nantinya," lanjut Kurniawan.

MILO Football Camp 2017 rencananya dimulai pada 17 April 2017. Artinya, hanya kurang lebih satu pekan setelah rangkaian MILO Football Championship 2017 yang berakhir di Makassar 16 pemain hasil seleksi akan mengikuti kegiatan lanjutan dari MILO itu, yang akan diisi dengan materi-materi sepak bola usia dini di bawah arahan langsung pelatih-pelatih yang didatangkan dari FC Barcelona Escola.

Setelah itu, lima pemain terbaik dari 16 pemain yang mengikuti MILO Football Camp 2017 akan mendapatkan kesempatan untuk terbang ke Spanyol dan berlatih di FC Barcelona Escola.

 

Video Populer

Foto Populer