Sukses


Ini 32 Pemain Pilihan Indra Sjafri untuk TC Lanjutan Timnas U-19

Bola.com, Jakarta - Pada Selasa (11/4/2017) malam, pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, melalui PSSI mengumumkan 32 pemain yang lolos seleksi ke tahap lanjutan pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-19

Pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 proyeksi Piala AFF U-19 2017 dan kualifikasi Piala AFC U-19 telah digelar sejak 1,5 bulan lalu dimulai tingkat Asprov yang mencapai ribuan pemain, lalu regional, dan nasional hingga terkumpul 80 pemain mengikuti di Cijantung. Pemusatan latihan terbagi dalam tiga gelombang.

Pada 6-10 April 2017, pelatih Indra Sjafri juga berkesempatan menyeleksi sebanyak 14 pemain muda yang selama ini tinggal di luar negeri. Sesuai undangan yang dikirimkan PSSI, semestinya ada 17 pemain, namun tiga pemain berhalangan hadir sehingga tidak mengikuti seleksi.

Hasilnya, sesuai rilis yang diterima Bola.com pada Selasa malam, tidak ada satu dari ke-14 pemain yang berlatih di luar negeri itu, yang masuk daftar 32 pemain yang lolos seleksi pemusatan latihan tahap lanjutan Timnas U-19.

Hal ini sejatinya bukan kejutan mengingat pelatih Indra Sjafri sudah mengindikasikan bila para pemain itu masih kalah bersaing dengan pemain "lokal", terutama dari sisi fisik. 

Meski begitu, Indra Sjafri tetap mengucapkan terima kasih atas kehadiran para pemain muda dari luar negeri itu. Mantan pelatih Bali United itu juga tidak lantas menutup pintu rapat-rapat pada Jack Brown dkk. Sebaliknya, Indra masih membuka kesempatan mereka mengenakan jersey Merah-Putih.

"Ada beberapa pemain yang kami inginkan dan memenuhi kualifikasi untuk direkrut jadi bagian Timnas U-19. Namun, mereka tidak bisa mengikuti TC jangka panjang karena mereka akan melanjutkan sekolah masing-masing di luar negeri. Tapi, kami sudah ada solusi, yakni menjalin komunikasi dengan pelatih mereka di sana untuk saling memberikan info tentang perkembangan performa mereka. Saya juga sudah mengadakan pertemuan dengan orangtua di Mes Senopati, Cijantung" jelas Indra.

"Dari hasil pertemuan itu, kalau memang Timnas U-19 membutuhkan mereka, mereka akan hadir sekitar enam minggu sampai dua bulan sebelum Piala AFF berlangsung. Hal ini juga sudah kami bicarakan dengan orangtua mereka," lanjut Indra.

Para pemain yang lolos seleksi ini akan melanjutkan pemusatan latihan mulai 15 April 2017. Untuk saat ini, pemain dikembalikan ke daerah asal karena beberapa dari mereka sedang menjalani Ujian Nasional pada 10-14 April 2017.

Di sisi lain, Indra menegaskan bila ke-32 pemain yang masuk daftar pemain lolos seleksi tahap lanjutan TC Timnas Indonesia U-19 tidak bisa santai karena sistem promosi-degradasi akan tetap diterapkan.

"Promosi-degradasi tetap dijalankan ke depannya. Meski hanya 10 persen, semisal pemain tersebut sakit atau tidak bisa meningkatkan performa dan indispliner. Saya juga berharap di era mendatang, seleksi pemain akan diadakan melalui scouting pemain dari kompetisi yang berjenjang, dari tingkat provinsi sampai tingkat nasional," tutur Indra.

Daftar 32 pemain yang lolos seleksi tahap lanjutan TC Timnas Indonesia U-19:

Kiper: M. Riyandi, Gianluca Rossy, Aqil Savik, Raka Handika
Belakang: M.Rafid Lestaluhu, Dendi Zihan, Nurhidayat, Julyano Nono, Rachmat Irianto, Kadek Raditya, Renaldi Yulhan, Ahmad Saiful, Dedi Tri, Irsan Lestaluhu, Firza Andika
Tengah: Achmad Arthur, Witan Sulaiman, Syarifudin Hidayatulloh, Luthfi Kamal, Teuku Noer Fadhil, M. Iqbal, Resky Witriawan, Adha Nurrokhim, Feby Eka Putra
Depan: Jadug Arya, Aulia Hidayat, Jefry Bisae, Deka Toha, Hanis Saghara, M. Rafly Mursalim, Egy Maulana, Dava Aldiansyah

 

Video Populer

Foto Populer