Ini Kriteria Sekretaris Jenderal Versi Ketua Umum PSSI

Oleh Abdi Satria pada 13 Apr 2017, 06:00 WIB
Diperbarui 13 Apr 2017, 06:00 WIB
Edy Rahmayadi
Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, mengungkapkan kriteria ideal menurutnya untuk posisi Sekjen PSSI. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Bola.com, Makassar - Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, mengungkapkan pihaknya dalam waktu dekat menunjuk Sekjen PSSI baru pengganti Ade Wellington yang mengundurkan diri pada Senin (10/4/2017). Menurut Edy, keputusan PSSI menunjuk Joko Driyono sebagai pelaksana tugas hanya untuk mengisi kekosongan saja.

"Dalam waktu dekat kami akan mengadakan fit and proper test buat para calon Sekjen PSSI baru," ujar Edy Rahmayadi seusai menyaksikan laga uji coba PSM Makassar versus Celebest FC di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Rabu (12/4/2017).

Saat ini, lanjut Edy, sudah ada sejumlah nama yang masuk sebagai calon Sekjen PSSI. "Sampai hari ini memang ada (nama yang masuk)," jelas Edy.

Ketua Umum PSSI yang juga Pangkostrad itu menambahkan pihaknya sudah punya sejumlah kriteria buat para calon sekjen. "Yang paling utama sekjen nanti harus tahan banting," tutur Edy.

Selain itu, sekjen nanti harus mengerti manejemen sepak bola dan menguasai minimal dua bahasa. "Dia juga wajib bisa berkomunikasi dengan berbagai pihak. Khususnya kepada media," papar Edy.

Edy menjelaskan sosok sekjen wajib merangkul media untuk mensosialisasikan program PSSI kepada masyarakat Indonesia.

Sejauh ini beberapa nama kandidat Sekjen PSSI bermunculan. Ada Ratu Tisha, Syaufi Soeratno, dan Tigor Shalomboboy. Ketiganya bukan sosok asing di sepak bola Indonesia. 

Di lain pihak, Edy mengaku memahami keputusan Indra Sjafri, pelatih Timnas Indonesia U-19 yang tidak memilih satu pun pemain yang tinggal dan berlatih di luar negeri.

"Saya tegaskan, terkait timnas, PSSI mengutamakan kualitas bukan kuantitas. Kalau pelatih sudah memutuskan begitu, saya harus dukung," tegas Edy Rahmayadi.

 

Lebih Dekat dengan Sandy Walsh (Part 1), Cerita Hidung Berdarah karena Romelu Lukaku