Pulih dari Cedera Parah, Ichsan Kurniawan Bangga Kembali ke SFC

Oleh Riskha Prasetya pada 10 Mei 2017, 08:35 WIB
Diperbarui 10 Mei 2017, 08:35 WIB
Sriwijaya FC
Pemain muda Sriwijaya FC, Ichsan Kurniawan kembali membela Sriwijaya FC setelah absen lebih dari enam bulan karena cedera anterior cruciate ligament. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Bola.com, Malang - Ichsan Kurniawan kembali memperkuat Sriwijaya FC saat mengalahkan Persiba Balikpapan 2-0 pada pekan kelima Liga 1 2017 di Stadion Gajayana, Malang, Selasa (9/5/2017). Laga ini merupakan yang pertama bagi Ichsan setelah absen sekitar enam bulan akibat cedera lutut.

Mantan pemain Timnas Indonesia U-19 terakhir kali memperkuat Laskar Wong Kito saat bersua Bhayangkara FC, 2 Oktober 2016. Kala itu, ia mendapat cedera parah di bagian lutut setelah menerima tekel keras dari Muhammad Hargianto.

Ichsan harus menjalani operasi anterior cruciate ligament (ACL) di RS Royal Sunter Jakarta. Setelah itu, ia menjalani sejumlah proses pemulihan dan penguatan otot terlebih. “Senang karena akhirnya penantian lama itu berakhir meski baru dari bangku cadangan. Sungguh luar biasa bisa kembali masuk ke dalam tim,”ujarnya.

Ichsan mengaku kini kondisinya sudah siap 100 persen untuk memperkuat Sriwijaya FC di Liga 1 2017. "Sebenarnya kondisi saya sudah membaik, tetapi memang perlu penyesuaian dan adaptasi kembali dengan tim karena saya sudah lama absen," ujar pemain asal Martapura OKU Timur ini.

Kendati demikian, Ichsan mengaku punya tugas berat ke depan. "Terutama di sisi psikologis dan mental. Jujur rasa trauma itu masih ada. Tetapi saya tidak boleh melihat ke belakang dan fokus ke depan. Rasa takut itu harus dilawan," ia menuturkan.

Ichsan baru dimainkan pelatih Oswaldo Lessa pada menit ke-85 menggantikan Maldini Pali. "Meski hanya lima menit, tetapi sudah sangat berarti buat saya karena tuju bulan terakhir seperti masa sulit buat saya," ia menuturkan.

Sementara itu, Lessa menyambut baik kembalinya Ichsan. Ia juga memastikan akan hati-hati dalam memberikan kesempatan tampil kepada sang pemain.

“Saya harus melindungi dia dulu jangan sampai dipaksakan tetapi nanti cedera lagi. Harus sabar karena kondisi latihan dan pertandingan berbeda. Jika dia fit, maka pilihan untuk pemain U-22 akan bertambah dan itu sangat bagus untuk Sriwijaya FC," kata Lessa.