Sukses


Aksi Protes ala Bonek Mania buat Iwan Setiawan di Persebaya

Bola.com, Surabaya - Dalam pertandingan Persebaya Surabaya melawan Persepam Madura Utama, Kamis (11/5/2017) dalam lanjutan Liga 2017 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, ada fenomena yang tak biasa di tribun sisi selatan Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.

Dalam laga yang dimenangi Persebaya 3-1 itu, tribun tersebut tampak melompong tak berpenghuni. Kejadian ini berkaitan dengan aksi boikot yang dilakukan Bonek Mania dari Sidoarjo dan Gresik.

Dari keterangan panpel, sektor tersebut sengaja dibiarkan kosong sebagai wujud protes mereka terhadap manajemen yang tak memecat Iwan Setiawan dari kursi pelatih Persebaya.

Bonek asal Sidoarjo dan Gresik itu bukan sekadar memboikot. Sebelum melakukan aksi pengosongan tribun, sebelumnya mereka lebih dulu membeli tiket.

Namun mereka tidak mau masuk ke stadion dan membiarkannya melompong. Mereka hanya menyampaikan pesan melalui tulisan raksasa yang berbunyi “Iwan Out”.

Pelatih Persebaya Iwan Setiawan berkonflik dengan Bonek Mania. (Bola.com/Fahrizal Arnas)

Aksi ini rencananya akan mereka lakukan lagi saat Persebaya menggelar laga kandang berikutnya. Dengan catatan, manajemen masih mempercayakan jabatan pelatih kepala kepada pelatih asal Medan tersebut. 

“Benar, kawan kami dari Sidoarjo dan Gresik menolak Coach Iwan melatih Persebaya setelah apa yang dilakukannya kepada Bonek Mania di Martapura lalu. Bukan itu saja, bagi mereka Coach Iwan sudah tidak pantas menduduki kursi itu karena ucapan dan perilakunya dinilai tidak etis,” terang Hasan Tiro, salah satu pentolan Bonek Mania.

Sama seperti yang ia ungkapkan kepada Bola.com beberapa waktu lalu, Bonek Sidoarjo dan Gresik, ini merupakan akumulasi kekecewaan mereka terhadap Iwan.

Hanya saja, Hasan Tiro mengambil sikap berbeda dan memilih tetap memberikan dukungan terhadap Persebaya dari tribun penonton.

Iwan Setiawan selama ini dikenal sebagai sosok pelatih yang kontroversial. Saat menukangi Persija Jakarta beberapa tahun silam ia sempat bersiteru dengan kelompok suporter The Jakmania.

Selanjutnya saat bersama Pusamania Borneo FC ia mendapat cacian dari Bobotoh Persib Bandung gara-gara meremehkan Persib Bandung saat kedua tim berlaga di Piala Presiden 2015. Jadi bukan sesuatu yang mengherankan melihat Iwan Setiawan kini berkonflik dengan Bonek Mania di Persebaya.

 

Video Populer

Foto Populer