Sukses


Toulon 2017: Timnas Indonesia U-19 Hanya Kalah Tipis dari Brasil

Bola.com, Salon-de-Provence, Prancis - Timnas Indonesia U-19 menelan kekalahan tipis 0-1 saat menghadapi Brasil di pertandingan pertama Grup C Turnamen Toulon 2017 yang digelar di Stade d'Honneur Marcel Roustan di Salon-de-Provence, Prancis, Kamis (1/6/2017) dini hari WIB. Egy Maulana Vikri dkk. bermain cukup baik dalam penguasaan bola dan harus kalah hanya karena gol tunggal Brasil yang dicetak Gabriel Novaes.

Timnas Indonesia U-19 mampu mengimbangi permainan Brasil pada menit-menit awal pertandingan. Bahkan Egy Maulana Vikri dkk. mampu menguasai bola lebih baik dan melakukan umpan-umpan pendek hingga melakukan serangan. Namun, hingga 30 menit pertandingan berjalan, sejumlah usaha dari Egy untuk menembus pertahanan Brasil belum membuahkan hasil.

Timnas Indonesia U-19 memiliki peluang emas untuk mencetak gol pada menit ke-33. Berawal dari penetrasi yang dilakukan oleh Rifad Marasabessy, bola diberikan kepada Egy Maulana Vikri yang mengembalikan bola kepada Rifad di dalam kotak penalti. Sayangnya, Rifad gagal menembak bola dan pemain bertahan Brasil mampu membuang bola ke depan.

Brasil akhirnya berhasil memecah kebuntuan lebih dulu pada menit ke-37. Berawal dari tembakan jarak jauh yang dilepaskan Emerson, bola yang berhasil dihalau Riyandi berhasil disambar oleh Gabriel Novaes yang tak terkawal di depan gawang. Brasil pun unggul 1-0 hingga 40 menit pertama berakhir.

Tim Garuda Jaya hampir saja mencetak gol ke gawang Brasil pada menit ke-51. Sayangnya, tembakan kaki kiri yang keras dari Witan Sulaeman hanya membuat bola membentur tiang gawang Brasil yang dikawal Phelipe.

Indra Sjafri melakukan tiga pergantian pemain di babak kedua. Namun, pergantian pemain terjadi karena para pemain yang berada di lapangan satu per satu mulai mengalami cedera.

Berawal dari masuknya Resky Fandi Witriawan menggantikan Muhammad Iqbal, kemudian Adha Nurrokhim menggantikan Feby Eka Putra, dan Teuku Noer Fadhil masuk menggantikan Witan Sulaeman. Ketiga pemain yang digantikan itu keluar dari lapangan karena mengalami cedera otot.

Hingga 40 menit babak kedua berakhir, tak ada satu gol tambahan pun yang tercipta. Timnas Indonesia U-19 harus kalah 0-1 dan mengakui keunggulan Brasil. Sebuah pencapaian yang baik dari tim asuhan Indra Sjafri pada laga pertama mereka di Turnamen Toulon meski di klasemen Grup C Indonesia berada di posisi terakhir karena kalah produktivitas gol dari Skotlandia yang kalah 2-3 dari Rep. Ceska. 

Susunan pemain:

Brasil U-20 (4-2-3-1): 1-Phelipe (kiper); 6-Michael Rangel, 4-Gabriel Oliveria, 3-Walce, 2-Emerson (belakang); 5-Kazu, 8-Vinicius, 7-Paulo Vitor, 10-Fabricio Oya, 11-Marquinhos Cipriano (tengah); 20-Gabriel Novaes (depan).

Indonesia U-19 (4-3-3): 1-Muhammad Riyandi (kiper); 12-Muhammad Rifad Marasabessy, 5-Nurhidayat Haji Haris, 13-Rachmat Irianto, 29-Firza Andika (belakang); 6-Muhammad Iqbal, 7-Muhammad Luthfi Kamal Baharsyah, 8-Witan Sulaeman (tengah); 10-Egy Maulana Vikri, 19-Hanis Saghara Putra, 14-Feby Eka Putra (depan).

Video Populer

Foto Populer