Sukses


Dominasi Timnas Indonesia U-19 atas Ceska yang Berujung Kekalahan

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 kalah 0-2 dari Republik Ceska U-19 dalam lanjutan penyisihan Grup C Turnamen Toulon 2017, Sabtu (3/6/2017). Namun, data statistik menunjukkan kalau tim asuhan Indra Sjafri lebih mendominasi jalannya pertandingan.

Persentase penguasaan bola (ball possession) Tim Merah-Putih menembus 58 persen, berbanding 48 persen kubu lawan.

Namun, seperti pertandingan sebelumnya menghadapi Brasil U-20, bicara efektivitas permainan Timnas Indonesia U-19 kalah dibanding anak-asuh Jan Suchoparek.

Menurut statistik yang dikeluarkan ESPN pasca laga, Martin Graiciar cs. menggeber 17 kali tembakan, di mana lima di antaranya tepat sasaran. Sementara itu, Timnas Indonesia U-19 hanya lima kali melakukan tembakan ke arah gawang dan hanya tiga yang tepat sasaran.

Tekanan Rep. Ceska juga terlihat dari jumlah tendangan pojok yang mereka dapat. Sepanjang pertandingan mereka mendapat 11 kali corner kicks. Di sisi lain Indonesia hanya empat kali.

Statistik Republik Ceska U-19 Vs Indonesia U-19. (Bola.com/ESPN)

Pujian layak diberikan kepada kiper Timnas Indonesia U-19, Muhammad Riyandi. Ia mementahkan tiga peluang bersih dari Rep. Ceska. Salah satu yang sensasional, adalah keberhasilannya menahan penalti tim lawan pada menit 44.

Penalti diberikan setelah pemain belakang Timnas Indonesia U-19 melanggar, Michal Hlavaty di dalam kotak penalti. Matej Chalus, pemain Rep. Ceska yang baru masuk di babak kedua menjadi eksekutor penalti untuk menggandakan keunggulan timnya.

Namun, Riyandi yang menjadi kiper utama Timnas Indonesia U-19 tampak tenang menghadapi situasi yang sangat krusial itu.

Ketika Matej Chalus menembak bola dan mengarahkan ke arah kanan gawang Timnas Indonesia U-19, kiper milik Barito Putera itu berhasil menebak arah bola. Tak hanya menebak arah datangnya bola, kiper Tim Laskar Antasari itu berhasil menangkap bola dengan sangat baik.

Dua gol kemenangan Republik Ceska sendiri dicetak oleh Roman Kasiar (13') serta Ondrej Sasinka (83'). Langkah Timnas Indonesia U-19 terhenti di fase penyisihan Turnamen Toulon, setelah sebelumnya kalah 0-1 dari Timnas Brasil U-20. Pada Selasa (6/6/2017) Tim Garuda Muda bakal berjumpa Skotlandia U-19, sekaligus menutup fase penyisihan Grup C.

Video Populer

Foto Populer