Sukses


Cerita Berkesan Wasit Indonesia Pimpin Final Piala AFF U-15 2017

Bola.com, Bandung - Indonesia, khususnya PSSI, patut bangga dengan prestasi wasit nasional satu ini. Adalah Oky Dwi Putra Sanjaya, terpilih memimpin Final Piala AFF U-15 2017 yang mempertemukan Thailand kontra Vietnam di Stadion Chonburi, Thailand, Sabtu (22/7/2017).

Oky Dwi Putra Sanjaya mengaku punya kesan spesial memimpin duel puncak yang dimenangi Vietnam 4-2 lewat drama adu penalti tersebut.

"Kami para wasit dari berbagai negara di Asia Tenggara benar-benar diperlakukan profesional dan harus konsentrasi total pada tugas. Hampir tak ada waktu luang. Tiap hari latihan, masuk kelas, dan evaluasi," ungkap Oky Dwi Putra.

Di sisi lain, tugas memimpin sepak bola level internasional bukan kali pertama dilakoni wasit asal Bandung ini. Namun, hajatan di Thailand benar-benar berkesan buatnya.

"Banyak pengalaman yang menambah khazanah ilmu saya. Saya juga makin banyak teman berbeda latar belakang dan bangsa," ujarnya.

Di mata Oky Dwi Putra, jika melihat dan membandingkan kualitas dirinya dan wasit dari negara lain yang bertugas di Thailand, dia merasa bangga hati.

"Saya mewakili Indonesia. Jika dibandingkan dengan teman-teman wasit kita, kualitas kita bisa diadu. Sebenarnya yang membedakan hanya keinginan untuk terus belajar dan berlatih," katanya.

Oky Dwi Putra Sanjaya memimpin pertandingan final Piala AFF U-15 2017. (Bola.com/Dok. Pri)

Oky Dwi Putra menilai Indonesia punya banyak wasit berpotensi bagus. Namun, semua tergantung individu para wasit dan PSSI sebagai induk sepak bola nasional untuk terus memperbaiki sumber daya manusia.

"Jika wasit ingin bagus, semua elemen harus bekerja keras. PSSI harus sering mengadakan pelatihan dengan mengundang komisi wasit AFC atau FIFA sehingga ilmu teman-teman juga bertambah," ucap Oky Dwi Putra Sanjaya.

 

Video Populer

Foto Populer