Sukses


Soal Wasit Asing, PSSI Dekati 5 Negara

Bola.com, Jakarta - PSSI sudah bergerak untuk mencari wasit asing yang akan ditugasi memimpin pertandingan dalam putaran kedua Liga 1 2017. Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, mengaku sudah mendekati beberapa federasi sepak bola negara-negara Asia dan Eropa.

Joko Driyono juga mengungkapkan lima negara yang sudah dikirimi surat oleh PSSI terkait wasit asing tersebut. Komunikasi tersebut dilakukan tanpa melalui AFC mengingat kepentingan penggunaan wasit asing ini adalah pertandingan domestik, bukan laga internasional seperti yang dilakoni tim nasional.

Wakil Ketua Umum PSSI itu mengungkapkan lima negara yang sudah dikirimi surat, salah satunya adalah raksasa sepak bola Asia Tenggara, Thailand.

"Wasit asing tetap dari Asia dan Eropa. Untuk negara-negara Asia, PSSI sudah mengirimkan permintaan kepada federasi Australia, Iran, Kirgizstan, Uzbekistan, dan Australia," ujar Joko Driyono saat ditemui di Kantor Kemenpora sebelum menghadap Sesmenpora, Gatot S Dewabroto, Rabu (26/7/2017).

Soal jumlah target wasit yang akan memimpin pertandingan Liga 1 2017 dan pola penugasannya, Joko Driyono enggan mengungkapkan secara gamblang. Hal tersebut terkait dengan detail kontrak termasuk perjanjian antarfederasi.

"Pastinya akan ada sekitar lima atau enam wasit asing yang akan kami rekrut. Namun, penugasannya belum tahu karena kontrak kerja sama bisa saja per pertandingan atau dalam satu periode waktu tertentu," ujar Joko Driyono.

Penggunaan wasit asing di Liga 1 2017 rencananya akan dimulai pada awal putaran kedua kompetisi. Keputusan PSSI soal penggunaan wasit asing tidak lepas dari banyaknya laporan yang masuk ke operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru, terkait ketidakpuasan atas kualitas wasit yang memimpin Liga 1 di putaran pertama.

 

Video Populer

Foto Populer