Sukses


Purwanto Dukung Penggunaan Wasit Asing di Liga 1

Bola.com, Kediri - Purwanto, mantan wasit nasional, mendukung rencana PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) yang ingin memakai wasit asing untuk memimpin beberapa pertandingan di putaran kedua kompetisi Liga 1 2017.

"Soal wasit asing, itu memang hak operator kompetisi dan PSSI. Kalau tujuan pemakaian wasit asing agar kompetisi lebih bagus dan profesional, tak ada salahnya jika dicoba," kata Purwanto.

Apalagi, lanjut anggota Komisi Wasit PSSI, ini kompetisi resmi di bawah federasi dan harus profesional.

"Ini profesional. Semua harus dijalankan dengan profesional. Jika langkah itu benar-benar dijalankan, teman-teman perangkat pertandingan harus introspeksi," ucapnya.

Selain introspeksi, tambah Purwanto, sepak bola Indonesia juga bisa belajar seperti apa nantinya para wasit yang bertugas di lapangan.

"Belajar tak kenal waktu dan usia. Kita harus menambah ilmu. Saya kira ilmu perwasitan dan sepak bola di dunia ini sama karena semua mengacu pada Law of The Games yang telah diatur FIFA. Perbedaannya mungkin pada SDM-nya," jelasnya.

Namun, Purwanto tidak menilai kualitas wasit nasional yang telah bertugas di putaran pertama mendapat nilai jelek.

"Saya kira semua sudah bekerja dan berlatih keras. Saya tak menyalahkan teman-teman wasit. Kalau itu memang jadi kebijakan tertinggi, kita harus hormati. Saya kira wasit-wasit yang telah lolos penyegaran dan bertugas sudah punya ilmunya," ujar Purwanto.

 

Video Populer

Foto Populer