Sukses


Andik Vermansah: Formasi Timnas Indonesia Mirip Selangor FA

Bola.com, Bekasi - Andik Vermansah tak memerlukan banyak adaptasi setelah menjalani dua sesi latihan bersama Timnas Indonesia di bawah asuhan Luis Milla. Andik menyebut, ada kemiripan formasi Skuat Garuda dengan klubnya, Selangor FA. 

Andik sudah memahami karakter Indonesia di bawah Luis Milla, pada saat pelatih asal Spanyol itu menangani Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2017. Andik menonton tiga pertandingan Evan Dimas dkk., dua di antaranya langsung di stadion.

"Jadi sedikit banyak saya memahami apa yang diinginkan Coach Luis Milla. Bagi saya ini pengalaman baru, tetapi ada kemiripan antara Timnas Indonesia dengan Selangor, dari sisi formasi," kata Andik.

Pada ajang SEA Games, Luis Milla umumnya memakai formasi 4-2-3-1. Dalam formasi seperti ini, Andik sudah memiliki bayangan akan berada di sektor mana. Namun, Andik tak mau jemawa dan menunggu apa instruksi pelatih.

Di posisi penyerang sayap, selain Andik, Luis Milla memiliki Rizky Rizaldi Pora, dan M. Rahmat. Irfan Bachdim dan Slamet Nurcahyo juga bisa diplot sebagai penyerang sayap.

Pada Piala AFF 2016, Alfred Riel menempatkan Andik sebagai andalan di sektor sayap kiri dan Rizky Rizaldi Pora di kanan.

"Kalau melihat cara main Timnas U-22 di SEA Games, dengan formasi seperti itu, bila dimainkan, saya bisa menjadi penyerang sayap kanan, kiri, dan depan. Tapi itu tergantung bagaimana nanti pelatih," kata Andik.

Andik merasa senang kembali mendapat kepercayaan selepas berkutat dengan cedera pada Piala AFF 2016. Ia juga merasa ada semangat baru ketika kembali bergabung dengan timnas dengan tim pelatih yang baru.

Timnas Indonesia akan menghadapi Fiji dalam laga uji coba, Sabtu (2/9/2017) di Stadion Patriot Candrabagha, Bekasi.

Video Populer

Foto Populer