Sukses


Persegres Vs Borneo FC: Bayang-bayang Kalah Telak

Bola.com, Gresik - Menjamu Pusamania Borneo FC di Stadion Tridarma, Gresik, Senin (4/9/2017), Persegres Gresik United tak ingin jadi bulan-bulanan kubu tamu.

Performa Persegres tengah menurun draktis belakangan ini. Mereka menderita lima kekalahan telak beruntun. Persegres dihajar Bhayangkara FC  0-5, Persib Bandung 0-6, Persipura Jayapura 0-4, Semen Padang 1-4, dan Bali United 1-3. 

Rentetan kekalahan tersebut makin membuat Persegres terpuruk di jajaran papan bawah Liga 1 2017. Yusuf Effendi cs. kini ada di posisi buncit klasemen dengan raihan poin amat minimalis, tujuh angka dari 21 pertandingan. Mereka ketinggalan enam poin dari Persiba Balikpapan yang ada di posisi 17.

Jika tak segera bangkit hampir dipastikan Persegres Gresik United bakal terdegradasi musim depan. Asisten pelatih Persegres, Puji Handoko, menyebut tim asuhannya tengah berbenah.

"Fokus utama kami memperbaiki kinerja lini belakang. Kami kebobolan banyak gol di sejumlah pertandingan. Begitu mudah lawan-lawan yang dihadapi menerobos pertahanan kami. Koordinasi antarbek perlu dipersolid agar situasi ini tidak terus berlanjut," ujar Puji Handoko.

Problem Persegres amat kompleks. Di lini depan mereka hanya punya seorang Patrick Da Silva buat menggedor pertahanan lawan.

"Penyerang sulit untuk cetak gol karena minim suplai bola dari lini tengah. Patrick belakangan mandul gol karena pasokan bola dari lini kedua tak maksimal. Beberapa hari terakhir kami coba perbaiki hal tersebut. Saat menjajal Pusamania Borneo FC kami tidak boleh kalah lagi. Sebisa mungkin bahkan harus menang," ujar Puji.

2 dari 3 halaman

Kebugaran Bermasalah

Masalah dialami Pusamania Borneo FC jelang hadapi Persegres Gresik United, Senin (4/9/2017).

Dua pemain asing yaitu Matheus Lopes dan Flavio Beck Junior tak bisa diturunkan karena terkena akumulasi kartu kuning.

Tak hanya itu, kondisi kebugaran skuat Pesut Etam labul karena pada 31 Agustus lalu mereka baru tampil di markas Semen Padang.

Jauhnya perjalanan dari Sumatera Barat ke Jawa Timur tentu menguras energi para pemain. Pelatih Borneo FC, Iwan Setiawan, tidak punya waktu maksimal untuk me-recovery kondisi fisik anak-asuhnya.

Untuk menjaga kondisi fisik pasukannya, Iwan Setiawan hanya menggelar latihan ringan di lapangan futsal daerah Surabaya. Mentor asal Aceh itu seraya meminta bantuan pada ahli ketahanan fisik, Vladimir Krunic untuk mengambalikan kondisi para pemain ke bentuk prima 100%.

"Kami melakukan conditioning saja biar kondisi pemain bisa kembali fit untuk berlaga. Dalam situasi tidak ideal seperti ini saya harap pemain tetap bersemangat menjalani laga," ujar Iwan.

Dalam laga nanti, peran Matheus Lopes di jantung pertahanan sepertinya bakal digantikan oleh Firdaus Ramadhan. Sementara posisi gelandang yang ditinggalkan Flavio bisa diisi Abdul Aziz atau Wahyu 'Tolle' Hamisi.

"Saya siap main kapan saja, semua saya percayakan kepada pelatih. Pada dasarnya sebagai
pemain saya harus siap di segala medan," ujar Tolle.

"Mau jadi cadangan atau bukan, pikiran saya cuma satu, ingin memberikan penampilan terbaik buat tim," timpal Aziz.

Kondisi ini tidak dialami kubu tuan rumah. Terakhir kali Persegres tampil terjadi pada 26 Agustus 2017 lalu dan ketika itu mereka bermain di markas sendiri.

Jeda waktu satu pekan lebih tentunya memberi keuntungan untuk Laskar Joko Samudero.

3 dari 3 halaman

Komposisi Pemain

Prakiraan Susunan Pemain

Persegres Gresik United (4-2-3-1): M Choirin Nasirin (Kiper); Sasa Zecevic, Ahmad Sembiring Usman, Yusuke Kato, April Hadi (Belakang); Ade Suhendra, Agus Indra, David Faristian, Yulius Mauloko, Komarudin (Tengah); Patrick Daniel Da Silva (Depan)

Pelatih: Hanafi

Pusamania Borneo FC (4-4-2): Muhammad Ridho (Kiper); Abdul Rahman, Matheus Lopes, Leonard Tupamahu, Kunihiro Yamashita (Belakang); Riswan Yusman , Dody Alfayed, Flavio Beck Junior, Terens Puhiri (Tengah); Patrich Wanggai, Lerby Eliandry (Depan)

Pelatih: Iwan Setiawan

 

Video Populer

Foto Populer