Sukses


Timnas Indonesia U-19 Kalah Telak dari Vietnam

Bola.com, Yangon - Timnas Indonesia U-19 tertinggal 0-3 dari Vietnam pada menit ke-86. Sebuah gol tandukan kepala dari Bek Vietnam, Bul Hoang Viet Anh, berhasil menjebol gawang Tim Garuda Nusantara untuk ketiga kalinya dalam laga Grup B Piala AFF U-18 2017 di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar, Senin (11/9/2017).

Gol tersebut tercipta melalui situasi sepak pojok. Posisi Bul Hoang Viet Anh tak terkawal dengan baik di depan gawang Timnas Indonesia U-19. Akibatnya, bola yang meluncur ke arah kepalanya mampu ditanduk dengan sempurna untuk menjebol gawang Muhammad Aqil Savik tanpa kesulitan.

Sebelumnya Timnas Indonesia U-19 sudah ketinggalan 0-2 di babak pertama melalui gol yang dicetak oleh Le Van Nam. Striker Timnas Vietnam U-18 itu sukses dua kali menjebol gawang Aqil Savik dalam empat menit terakhir babak pertama.

Vietnam berhasil membuka keunggulan lebih dulu pada menit ke-40 melalui gol yang dicetak Le Van Nam. Berawal dari sepak pojok yang dilepaskan Lieu Quang Vinh, bola ditanduk Bul Hoang Viet Anh yang mengarah kepada Tran Bao Toan.

Gelandang Vietnam itu tampak salah melakukan antisipasi dan bola liar langsung disambar oleh striker Vietnam, Le Van Nam. Bola sepakan jarak dekat yang dilepaskannya tak mampu dihalau Muhammad Aqil Savik yang baru saja masuk menggantikan Riyandi karena kiper utama Indonesia itu cedera.

Le Van Nam menjadi mimpi buruk bagi lini pertahanan Timnas Indonesia U-19 setelah pada menit ke-44 striker bernomor punggung 21 itu kembali menjebol gawang Muhammad Aqil Savik. Le Van Nam memaksimalkan umpan kapten Vietnam, Pham Van Luan, dengan tandukan yang membelakangi gawang Indonesia.

Timnas Indonesia U-19 pun harus pasrah tertinggal 0-2 di 45 menit pertama pertandingan. Pada babak kedua Indra Sjafri berusaha membuat timnya lebih tampil menekan. Jumlah gelandang Tim Garuda Nusantara ditambah dengan masuknya Witan Sulaeman untuk menggantikan Hanis Saghara Putra, membuat Timnas Indonesia U-19 bermain tanpa striker murni.

Tak hanya itu, Indra Sjafri berusaha menyegarkan lini pertahanannya dengan memasukkan Samuel Christianson Simanjuntak unttuk menggantikan Firza Andika. Tim Garuda Nusantara pun tampil lebih menekan dengan variasi serangan yang lebih baik tapi tetap tak membuahkan hasil.

Justru pada menit ke-86 Vietnam kembali menambah pundi-pundi golnya. Bek Vietnam, Bul Hoang Viet Anh, berhasil menjebol gawang Aqil Savik dengan tandukan keras. Memanfaatkan umpan silang dari sepak pojok, pemain muda Vietnam itu dengan mudah dan tanpa kawalan menanduk bola yang meluncur deras ke sudut kiri gawang Timnas Indonesia U-19.

Timnas Indonesia U-19 pun akhirnya harus menyerah 0-3 dalam pertandingan ketiga Grup B Piala AFF U-18 2017. Hasil ini membuat Indonesia tak beranjak dari posisi kedua klasemen Grup B dengan enam poin dari tiga pertandingan dan harus menunggu laga kontra Brunei Darussalam untuk memastikan lolos atau tidak ke semifinal.

2 dari 2 halaman

Komposisi Pemain

Susunan pemain Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam:

Indonesia (4-3-3): Muhammad Riyandi (Muchamamad Aqil Savik, 39') (kiper); Nurhidayat Haji Haris, Rachmat Irianto, Muhammad Rifad Marasabessy, Firza Andika (Samuel Christianson Simanjuntak, 74') (belakang); Muhammad Iqbal, Muhammad Luthfi Kamal Baharsyah, Sahrin Abimanyu (tengah); Saddil Ramdani, Egy Maulana Vikri, Hanis Saghara Putra (Witan Sulaeman, 56') (depan).

Cadangan: Gianluca Pagliuca Rossy, Muchammad Aqil Savik, Kadek Raditya Maheswara, Julyano Pratama Nono, Samuel Christianson Simanjuntak, Witan Sulaeman, Muhammad Rafli Mursalim, Irsan Rahman Lestaluhu, Asnawi Mangkualam Bahar, Dedi Tri Maulana, Resky Fandi Witriawan.

Pelatih: Indra Sjafri.

Vietnam (3-5-2): Ye Li Ni E (kiper); Thai Ba Sang, Bul Hoang Viet Anh, Lieu Quang Vinh (Mai Sy Hoang, 50') (belakang); Pham Van Luan, Le Van Xuan, Tran Van Cong, Tran Bao Toan, Truong Thien Anh (tengah), Le Xuan Tu, Le Van Nam (depan).

Cadangan: Truong Thai Hieu, Mai Sy Hoang, Nguyen Khat Khiem, Nguyen Huu Thag, Nguyen Tan Viet, Le Minh Binh, Nguyen Hong Son, Tran Danh Trung.

Pelatih: Hoang Anh Tuan.

Video Populer

Foto Populer