Sukses


Hadapi Myanmar, Mental Pemain Jadi Perhatian Pelatih Timnas U-19

Bola.com, Yangon - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, tak merisaukan sisi teknis tim asuhannya. Menjelang laga perebutan peringkat ketiga Piala AFF U-18 2017 menghadapi Myanmar, pelatih 54 tahun itu lebih terfokus pada sisi mental Nurhidayat Haji Haris dkk.

Indra Sjafri mengungkapkan bila skuat asuhannya cukup terpukul dengan kekalahan lewat cara adu penalti di partai semifinal melawan Thailand (15/9/2017).

"Mereka mengganggap bakal bisa melewati rintangan kemarin (di semifinal melawan Thailand dan ke final). Namun, ada hal-hal yang mungkin mengganjal. Inilah yang harus kami luruskan, karena hal semacam ini akan terus mereka temui dalam karier sepak bola mereka," tutur Indra.

Indra menambahkan bila tim pelatih dan manajemen sudah berbicara dengan seluruh pemain. Tujuannya untuk membangkitkan semangat.

"Semua ini bagian dalam proses perjalanan karier mereka. Harus bisa diterima dan diatasi dengan baik sehingga kelak tidak jadi masalah," lanjut pelatih asal Sumatra Barat itu.

Sementara dari sisi teknis, Indra Sjafri meyakini Muhammad Iqbal cs. mampu menandingi bahkan mengungguli Myanmar seperti yang terjadi pada pertemuan pertama, di penyisihan Grup B (5/9/2017). Saat itu Timnas Indonesia U-19 mampu menekuk Myanmar 2-1.

"Kami sudah saling bertemu, jadi sudah saling mengetahui kekuatan lawan. Kami tahu bagaimana mereka, Myanmar juga tahu bagaimana kami. Yang penting bagaimana kami membangun kembali tim setelah kalah kemarin. Dari hasil evaluasi, sisi teknis tak ada masalah. Yang jadi perhatian kami adalah bagaimana membangkitkan mental pemain," tutur Indra Sjafri.

(Laporan jurnalis Bola.com Aning Jati dan fotografer Liputan6.com Yoppy Renato dari Yangon, Myanmar)

Video Populer

Foto Populer