Sukses


Pelatih Thailand U-18 Sebut Luis Milla Legenda Sepak Bola Spanyol

Bola.com, Yangon - Sukses membawa Spanyol menjuarai Piala Eropa U-21 2011 sebagai pelatih membuat nama Luis Milla dikenal kalangan pelatih di Eropa. Belum lagi prestasinya semasa bermain dengan raihan beberapa gelar juara La Liga, Copa del Rey, maupun Winner's Cup bersama Barcelona, Real Madrid, serta Valencia.

Pelatih Timnas Thailand U-19, Marc Alavedra Palacios, mengungkapkan ia mengenal sosok Luis Milla. Keduanya memang sama-sama berasal dari Spanyol serta saat ini berprofesi sama, sebagai pelatih.

Namun, keduanya berbeda generasi yang lumayan jauh. Luis Milla saat ini berusia 51 tahun sementara Palacios 27 tahun.

"Saya sebatas tahu (Luis Milla). Tapi, belum pernah bertemu dengannya secara langsung. Saya tahu prestasi-prestasinya bersama Timnas Spanyol, juga saat masih bermain. Meski ketika itu saya masih kecil," kata Palacios.

Saat Luis Milla merengkuh gelar juara La Liga bersama Real Madrid pada musim 1994-1995 dan 1996-1997, usia Palacios saat itu baru kisaran 5-7 tahun. Bahkan, saat pelatih Timnas Indonesia itu memenangi La Liga musim 1984-1985 bersama Barcelona, Palacios belum lahir.

"Saya sering menyaksikan Barcelona, Real Madrid, dan tim-tim lain saat masih kecil. Sekarang saya bisa bilang bila dia itu seorang legenda," kata Palacios perihal Luis Milla.

Palacios berharap Luis Milla bisa menggapai kesuksesan bersama Timnas Indonesia. Hal sama juga diharapkan terjadi padanya. Meski, Palacios menangani timnas kelompok usia.

Palacios sudah berhasil mempersembahkan gelar Piala AFF U-18 2017 dalam kebersamaannya yang singkat di Thailand. Ia mengaku baru efektif melatih Timnas Thailand U-19 dalam kurun waktu tiga bulan terakhir.

Palacios datang ke Thailand bersama tiga kompatriotnya atas dasar kerja sama Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) dengan Ekkono Method Soccer Services yang berbasis di Barcelona, Spanyol.

(Laporan jurnalis Bola.com Aning Jati dan fotografer Liputan6.com Yoppy Renato dari Yangon, Myanmar)

Video Populer

Foto Populer