Pernah Dirundung, Bekasi Kini Jadi Markas Timnas Indonesia

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 02 Okt 2017, 08:15 WIB
Diperbarui 02 Okt 2017, 08:15 WIB
Stadion Patriot Candrabhaga
Stadion Patriot Candrabhaga, venue sepak bola bertaraf internasional di Kota Bekasi. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Bola.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu Kota Bekasi sempat menjadi korban perundungan alias jadi bahan olok-olok di media sosial. Namun, kini kota satelit Jakarta ini menjadi pilihan untuk menggelar pertandingan sepak bola, tak terkecuali Timnas Indonesia.

Masih segar dalam ingatan bagaimana warganet membuat Bekasi viral di media sosial. Bekasi disebut-sebut sangat jauh dari Jakarta hingga banyak yang menyebutnya sebagai planet lain.

Namun, Bekasi boleh berbangga saat ini. Setelah dua klub Liga 1, yakni Persija Jakarta dan Bhayangkara FC, bermarkas di Bekasi dengan menjadikan Stadion Patriot Candrabhaga sebagai venue laga kandang sejak kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indoesia Liga 1 bergulir pada April 2017. Kini, Timnas Indonesia ikut bermarkas di sana.

Laga perdana Timnas Indonesia bermain di Stadion Patriot adalah saat laga internasional kontra Timnas Fiji pada 2 September 2017. Meski laga tersebut berakhir dengan jatuhnya satu korban jiwa karena kelalaian suporter lain, PSSI tetap menjadikan Stadion Patriot sebagai venue laga kandang Tim Garuda untuk laga internasional.

Timnas Indonesia akan menjamu Kamboja dalam laga uji coba internasional di Stadion Patriot pada 4 Oktober 2017. Selain itu, stadion yang dibangun pada 1980 ini menyajikan laga Timnas Indonesia U-19 versus Kamboja U-19.

Akses dan akomodasi menjadi alasan PSSI kini menjatuhkan Bekasi sebagai arena untuk menggelar pertandingan Timnas Indonesia. 

"Sebenarnya tidak ada alasan khusus, kami memilih Bekasi. Saat ini tidak ada stadion yang bisa digunakan di Jakarta untuk menggelar laga internasional. Bekasi dinilai tepat karena jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta sehingga persiapan jelang pertandingan pun lebih mudah dilakukan," ujar Direktur Media dan Promosi Digital PSSI, Gatot Widakdo, saat dihubungi Bola.com, Minggu (1/10/2017).

"Selain itu akomodasi juga menjadi alasan Bekasi dipilih. Sudah banyak hotel berbintang berada di sana dan letaknya tidak jauh dari stadion," lanjut Gatot.

Timnas Indonesia U-19 saat ini tengah menjalani pemusatan latihan di Stadion Patriot. Sementara Timnas Indonesia senior mulai berlatih untuk menghadapi Kamboja di stadion tersebut pada Senin (2/10/2017) malam.

 

2 dari 2 halaman

Tak Hanya Stadion Patriot, Ada juga Stadion Wibawa Mukti

Namun, tak hanya Stadion Patriot yang berada di Kota Bekasi. Masih ada satu lagi, tepatnya berada di Cikarang. Daerah yang masuk Kabupaten Bekasi, itu memiliki stadion bertaraf internasional bernama Stadion Wibawa Mukti.

Stadion tersebut mulai digunakan Persib Bandung ketika kandang mereka digunakan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Barat 2016. Berawal dari sana, Stadion Wibawa Mukti mulai memikat. Timnas Indonesia U-16 pernah melakukan laga uji coba di sana. Persija juga pernah menjalani laga usiran tanpa penonton saat menghadapi Sriwijaya FC.

Terbaru, Stadion Wibawa Mukti dipilih PSSI dan disetujui AFC untuk menggelar pertandingan Grup J kualifikasi Piala Asia U-16 2018. Saat itu, Timnas Jepang, Malaysia, Guam, dan Singapura, bertanding di Wibawa Mukti, yang diplot menjadi venue netral.

Pujian datang dari peserta kualifikasi. Salah satunya dari pelatih Timnas Jepang U-16, Kenji Arima, yang mengaku senang bisa bermain di Indonesia.

Stadion Wibawa Mukti adalah stadion sepak bola yang terletak di Desa Sertajaya, Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

"Bermain di tempat netral, di Indonesia, kami sangat senang. Masyarakat Indonesia sangat ramah, selalu tersenyum, dan memberikan servis yang sangat baik, seperti fasilitas hotel, lapangan latihan, dan masih banyak yang lain. Semoga suatu saat nanti kami bisa bermain di Indonesia lagi," ujar Kenji.

Tak hanya Kenji, manajer Timnas Guam, Kimberly Sherman, mengaku belajar banyak dari Indonesia ketika timnya tampil di Stadion Wibawa Mukti. Menurutnya, kepuasan yang dirasakan Timnas Guam belum tentu dirasakan di tempat lain.

"Kami banyak belajar terkait sepak bola dalam segala hal selama di Indonesia, termasuk belajar dari orang-orang Indonesia dalam menyelenggarakan pertandingan internasional di stadion ini. Semoga pelayanan dan segala hal baik di sini bisa dipertahankan," timpal Kimberly.

Meski letaknya lebih jauh dari Stadion Patriot jika diukur dari Jakarta, fasilitas di sekitar Stadion Wibawa Mukti tidak kalah mentereng. Banyak hotel berbintang hingga hotel budget sudah tersedia di kawasan komersial Jababeka itu.

PSSI kini menunjuk Stadion Wibawa Mukti sebagai tempat menyelenggarakan dua laga Timnas Indonesia junior pada 8 Oktober 2017. Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi Malaysia U-16.

Setelah Timnas Indonesia U-16 menghadapi Malaysia jam 15.30 WIB, Timnas Indonesia U-19 ganti melakoni laga uji coba kedua mereka dengan menghadapi Thailand U-19 di tempat Stadion Wibawa Mukti pada jam 18.30 WIB.

Sebagai catatan, Timnas Malaysia u-16 yang berstatus tuan rumah putaran final Piala Asia U-16 2018 juga sudah merasakan bermain di Wibawa Mukti saat menjalani laga Grup J kualifikasi Piala Asia U-16 2018.

Lanjutkan Membaca ↓