Sukses


Prediksi Indonesia U-19 vs Thailand U-19: Momen Pembalasan

Bola.com, Cikarang - Timnas Indonesia U-19 menjamu Timnas Thailand U-19 dalam laga uji coba internasional di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Minggu (8/10/2017). Bagi Tim Garuda Nusantara, pertandingan ini adalah kesempatan bagus untuk membalas kekalahan pada laga semifinal Piala AFF U-18 2017.

Setelah menang 2-0 atas Kamboja U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (4/10/2017), Timnas Indonesia U-19 kini akan menjamu Thailand U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang.

Pertandingan ini memiliki dua arti bagi tim asuhan Indra Sjafri itu. Pertama adalah sebuah bagian dari persiapan panjang menuju Piala Asia U-19 2018 di mana Indonesia menjadi tuan rumah. Kedua, ini adalah momen yang tepat untuk membuktikan bahwa Thailand hanya beruntung saat mengalahkan Indonesia di semifinal Piala AFF U-18 2017.

"Bagi kami laga ini adalah bagian dari persiapan kami yang tentu sama seperti Thailand kami dalam proses menuju Kualifikasi Piala Asia U-19. Kami memerlukan pembelajaran dan juga pertandingan-pertandingan uji coba. Selain itu juga perlu drama-drama yang memang perlu dihadapi," ujar Indra Sjafri terkait tujuannya untuk laga kontra Thailand.

Sementara itu, upaya pembalasan diungkapkan striker Timnas Indonesia U-19, Hanis Saghara. Menurutnya, Thailand memang tim yang kuat. Namun, hal tersebut tak menyurutkan keinginan Tim Garuda Nusantara untuk bisa membalas kekalahan menyakitkan di semifinal Piala AFF U-18.

"Timnas Thailand memang tim yang kuat. Kami sudah menghadapi mereka di Piala AFF yang lalu, di mana kami harus kalah melalui drama adu penalti di semifinal. Namun, sekarang sudah ada kesempatan lagi menghadapi mereka dan Insha Allah kami bisa membalas kekalahan yang kami alami di Myanmar," ujar Saghara.

Saghara pun merasa sangat yakin banyaknya peluang yang gagal dimaksimalkan dalam laga semifinal di Piala AFF U-18 itu sudah bisa teratasi. Menurutnya, para pemain asuhan Indra Sjafri sudah belajar untuk bisa lebih baik dan mengurangi keegoisan ketika melihat peluang yang terbuka lebar.

"Kegagalan kami memaksimalkan peluang adalah masalah setiap individu pemain dari keegoisan yang kami miliki. Kami berada di masa-masa di mana kami sedang berkembang untuk lebih baik. Kami masih belajar untuk bisa lebih baik lagi dan kami sudah menyadari hal tersebut," ujar striker Timnas Indonesia U-19 itu.

Timnas Indonesia U-19 dalam kondisi prima untuk menghadapi Thailand. Indra Sjafri bisa memilih siapa pun dari 24 pemain yang kini tengah berkumpul bersama di Bekasi untuk laga kontra Thailand.

Indra Sjafri bisa memilih 11 pemain terbaik dan beberapa pemain cadangan untuk menghadapi Thailand, yang mampu mengalahkan timnya di semifinal Piala AFF U-18 melalui drama adu penalti dan saat itu Timnas Indonesia U-19 hanya diperkuat 10 pemain dalam 45 menit terakhir usai kartu merah yang diterima Saddil Ramdani.

2 dari 3 halaman

Wajah Baru Thailand U-19

Sementara itu, Timnas Thailand U-19 dipastikan akan sangat berbeda dengan tim yang dihadapi oleh Egy Maulana Vikri dkk. di Piala AFF U-18 2017. Dari total 23 pemain yang datang ke Cikarang, Pelatih Timnas Thailand U-19, Marc Alavedra Palacios, membawa 16 pemain baru yang tidak tampil di Piala AFF U-18.

16 wajah baru yang dibawa pelatih asal Spanyol itu tentu akan punya dua sisi dampak yang berbeda. Pertama, Timnas Thailand U-19 akan sulit diprediksi permainannya oleh Timnas Indonesia U-19 mengingat Palacios mengaku bahwa formasi dan strategi yang akan digunakan dalam pertandingan ini adalah tergantung kepada siapa pemain yang akan dimainkannya di lapangan.

Sementara untuk yang kedua, Timnas Thailand siap untuk mendapatkan hasil terburuk karena ke-16 pemain yang dipanggil untuk laga uji coba ini benar-benar baru ditangani oleh Palacios. Artinya, tim berjulukan The Elephant War ini belum menemukan komposisi terbaik yang memang masih dicari oleh sang pelatih hingga putaran final Piala Asia U-19 2018 di Indonesia digelar.

"Pertandingan ini menjadi kesempatan kami bermain menghadapi tim yang kuat. Ini juga menjadi sarana seleksi untuk pemain yang kami bawa untuk Kualifikasi Piala Asia U-19. Kami membawa 16 pemain baru dan saya sangat yakin saat mebawa mereka ke sini. Kami ingin melihat apakah mereka siap menjadi pemain nasional," ujar Palacios.

"Perubahan tim ini akan terlihat dengan siapa saja pemain yang akan bermain dalam pertandingan nanti. Kami baru mulai latihan dan saat itu kami hanya melihat bagaimana para pemain memperlihatkan gaya permainan mereka. Jadi saya belum tahu apa yang akan terjadi dalam laga ini," lanjutnya.

Sementara itu, kiper Timnas Thailand U-19 yang memiliki pengalaman trial di Leicester City, Kantaphat Manpati, mengaku siap tampil baik dalam pertandingan di Stadion Wibawa Mukti, seperti yang pernah diperlihatkannya dalam laga kontra Timnas Indonesia U-19 di Myanmar.

"Saya datang ke sini karena ingin mendapatkan pengalaman berharga dengan bertanding menghadapi Indonesia. Namun, saya percaya diri saya bisa tampil baik dalam pertandingan ini. Saya akan berusaha mengikuti arahan pelatih dan saya sangat percaya dengan instruksi yang diberikannya saat bermain," ujarnya.

 

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Prakiraan susunan pemain:

Indonesia U-19 (4-4-1-1): Gianluca Pagliuca Rossy (kiper); Rifad Marasabessy, Nurhidayat Haji Haris, Rachmat Irianto, Samuel Simanjuntak (belakang); Muhammad Iqbal, Witan Sulaiman, Feby Eka Putra, Syahrian Abimanyu (tengah); Egy Maulana Vikri, Rafli Mursalim (depan).

Pelatih: Indra Sjafri

Thailand U-19 (4-4-2): Kantaphat Manpati (kiper); Nakin Wisetchat, Peerapat Jampakaew, Wudtichai Kumkeam, Kritsada Nontharat (belakang); Chaiwat Weerakijphanich, Nattawut Chootiwat, Robin Kjeel Holm, Kittiphong Supunya (tengah); Korrawit Tasa, Sakunchai Saengtopho (depan).

Pelatih: Marc Alavedra Palacios

 

Video Populer

Foto Populer