Sukses


Timnas U-19 Berlatih di Paju, Hanya Sejengkal dari Korea Utara

Bola.com, Paju - Timnas Indonesia U-19 langsung menggeber latihan setelah tiba di Paju National Football Centre, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan, pada Minggu (29/10/2017) pagi waktu setempat.

Egy Maulana Vikri dkk. mendarat di Bandara Internasional Inceon, Minggu (29/10/2017) pukul 09.30 waktu setempat. Setelah menuju hotel, kemudian istirahat sejenak dan makan, para pemain langsung diboyong ke tempat latihan.

"Tim menginap di hotel dekat tempat berlatih, hotel Golden Hill Paju," kata Bandung Saputra, Media Officer Timnas U-19. Hotel tersebut hanya berjarak 100 meter dari tempat latihan.

Latihan ini untuk menjaga kebugaran setelah perjalanan udara sekitar 7 jam dari Jakarta. Selain itu, pelatih Indra Sjafri juga ingin anak asuhnya beradaptasi dengan cuaca yang tergolong dingin untuk pemain Indonesia. Saat ini, di Korea Selatan sudah memasuki musim gugur dan suhu rata-rata 11 derajat.  

Menariknya, tempat latihan Timnas U-19 terletak di Seongdong-ri, Paju, atau wilayah Gyeonggi paling barat. Daerah ini hanya 'sejengkal' dengan Korea Utara Korea Utara sisi tenggara. Hanya ada teluk Laut Kuning yang memisahkan kedua negara.

Timnas Indonesia U-19 melakukan latihan di Paju, Korea Selatan. (dok PSSI)

Namun, wilayah Seongdong-ri tidak berbatasan langsung. Karena desa di Korut yang terdekat dengan teluk, Amsil, berjarak 12 km dari teluk. Sementara, perbatasan Korsel-Korut yang terkenal dengan sebutan Korean Demilitarized Zone (DMZ), yang membelah semenanjung Korea dan terpusat di desa Panmunjom.

Meski area DMZ terbuka untuk turis, untuk masuk ke wilayah itu cukup ketat. Ada empat kelompok tentara yang berjaga, yakni tentara Korsel dan Korut di wilayah masing-masing, militer AS, dan PBB.

Lokasi DMZ pun jauh dari tempat berlatih tim-tim kontestan Grup F, yakni sekitar 35 kilometer. Sementara, laga Kualifikasi Piala Asia U-19 Grup F digelar di Paju Public Stadium, lokasinya agak ke tengah jadi jauh dengan titik perbatasan Korsel-Korut.

Video Populer

Foto Populer