Sukses


Daftar Lengkap Negara Peserta Piala Asia U-19 2018 di Indonesia

Bola.com, Jakarta - Setelah bertanding dalam fase kualifikasi yang terbagi dalam 10 grup sejak 24 Oktober-8 November 2017, akhirnya diperoleh 16 negara yang lolos dan berhak tampil di putaran final Piala Asia U-19 2018.

Putaran final akan digelar di Indonesia pada 18 Oktober-4 November 2018. Praktis, Indonesia lolos secara otomotis kendati di kualifikasi hanya menempati urutan ketiga di Grup F.

Bahkan, sebenarnya tak ikut serta dalam fase kualifikasi juga tak jadi soal buat Timnas Indonesia U-19. Namun, dengan alasan ingin menambah jam terbang serta memberi pengalaman kepada pemain, PSSI tetap memberangkatkan Timnas U-19 pada kualifikasi Grup F yang berlangsung di Paju Korea Selatan.

Dari situs resmi AFC, sebanyak 16 tim yang lolos, minus Indonesia yang sudah menggenggam tiket ke putaran final, berasal dari 10 tim juara di masing-masing grup serta lima tim runner-up terbaik.

Tim yang lolos ke putaran final dengan status juara grup adalah Uni Emirat Arab (Grup A), Tajikistan (Grup B), Qatar (Grup C), Arab Saudi (Grup D), Yordania (Grup E), Korea Selatan (Grup F), China (Grup G), Vietnam (Grup H), Jepang (Grup I), dan Australia (Grup J).

Sementara untuk lima tim runner-up terbaik diraih Irak (Grup C), Thailand (Grup I), Korea Utara (Grup J), China Taipeh (Grup H), dan Malaysia (Grup F).

Secara khusus, kelegaan dirasakan Timnas Thailand U-19 yang sempat deg-degan karena nasib mereka ditentukan hingga partai terakhir dan melihat hasil di grup lain untuk memastikan bisa lolos.

Dari ke-16 kontestan Piala Asia U-19 2018, Korea Selatan, Jepang, dan Thailand menjadi tiga negara yang punya jam terbang tertinggi tampil di putaran final Piala Asia U-19.

Korea Selatan mencatatkan tampil dalam 37 edisi putaran final Piala Asia U-19, disusul Jepang dalam 36 edisi, dan Thailand dalam 32 edisi. Sementara Indonesia sejauh ini baru tampil dalam 16 edisi putaran final Piala Asia U-19.

Daftar Negara Peserta Piala Asia U-19 2018:

Indonesia (tuan rumah), Uni Emirat Arab (Grup A), Tajikistan (Grup B), Qatar (Grup C), Arab Saudi (Grup D), Yordania (Grup E), Korea Selatan (Grup F), China (Grup G), Vietnam (Grup H), Jepang (Grup I), dan Australia (Grup J), Irak (Grup C), Thailand (Grup I), Korea Utara (Grup J), China Taipeh (Grup H), dan Malaysia (Grup F)

Video Populer

Foto Populer