Gelar 8 Besar Liga 2, Kualitas Lapangan Stadion Patriot Menurun

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 09 Nov 2017, 17:59 WIB
Diperbarui 09 Nov 2017, 17:59 WIB
Stadion Patriot
Panitia merapihkan lapangan saat laga Persis Solo melawan Martapura FC pada laga 8 besar Liga 2 Indonesia di Stadion Patriot, Bekasi, Kamis (9/11/2017). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Bekasi - Pertandingan babak 8 besar Liga 2 2017 sudah dimulai dengan mempertemukan Persis Solo dan Martapura FC di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Kamis (9/11/2017). Laga sempat tertunda kurang lebih 30 menit karena lapangan tergenang cukup parah karena hujan yang turun sebelum pertandingan.

Penundaan pertandingan yang sebelumnya dilakukan selama 15 menit dari jadwal kick-off pukul 15.00 akhirnya mundur hingga sekitar 30 menit. Alasannya cukup dipahami. Dalam pantauan Bola.com, sejumlah area lapangan di Stadion Patriot, Bekasi, terutama di depan gawang, tergenang cukup parah.

Gawang di depan tribun selatan adalah yang paling parah, di mana warna air yang menggenang sampai kecoklatan, tak seperti area sisi barat dan timur lapangan yang masih samar dengan warna rumput karena beningnya air yang menggenang.

Namun, bukan berarti area genangan yang berada di pinggir lapangan tidak mengganggu. Para pemain Persis Solo dan Martapura FC sampai kesulitan untuk memaksimalkan permainan mereka karena air menggenang cukup mengganggu jalannya bola.

Ya, meski air masih menggenang di sejumlah area, pertandingan akhirnya tetap dimulai pada pukul 15.30 WIB. Kedua tim masuk lapangan diikuti oleh hujan yang intensitasnya mulai menurun.

Salah satu suporter Persis Solo sempat berkomentar saat laga tak kunjung mulai. Dalam komentarnya itu, ia memuji megahnya Stadion Patriot, tapi menyindir drainase yang ada.

"Sayang ya stadion megah begini, tapi drainase buruk. Stadion Manahan tidak pakai atap, tapi lapangannya tidak pernah seperti ini," celetuk salah seorang suporter sambil menunggu pertandingan dimulai.

Sementara salah satu pengunjung di stadion yang tak ingin memberikan identitasnya mengaku baru kali ini melihat Stadion Patriot tergenang air cukup buruk. "Biasa kalau Persija atau Bhayangkara FC main di sini hujan pun tak masalah. Mungkin terlalu sering digunakan," tukasnya sambil tertawa.

Stadion Patriot Bekasi memang merupakan salah satu stadion yang cukup intens digunakan untuk menggelar pertandingan. Selain Bhayangkara FC dan Persija Jakarta yang musim ini berkandang di stadion ini, klub Liga 3, Patriot Candrabhaga, juga menjadikan stadion di Bekasi Barat itu sebagai kandang.

Selain itu, laga internasional Timnas Indonesia pun juga beberapa kali digelar di Stadion Patriot, seperti laga Timnas Indonesia kontra Fiji dan Kamboja, serta Timnas Indonesia U-19 kontra Kamboja U-19.