Sukses


Prediksi Borneo FC Vs Arema FC: Demi Sebuah Prestise

Bola.com, Samarinda - Laga terakhir Liga 1 2017 antara Pusamania Borneo FC (PBFC) dan Arema FC di Stadion Segiri, Samarinda, Sabtu (11/11/2017) sebenarnya sudah tidak berpengaruh. Karena kedua tim sama-sama bakal finish di papan tengah.

Kemenangan hanya akan membuat kedua tim bisa memperbaiki posisi paling bagus sampai urutan tujuh. Karena PBFCdan Arema kini memiliki nilai sama, 49 dan menghuni urutan delapan dan sembilan. Mereka hanya berpeluang untuk menggeser posisi Barito Putera yangsatu tingkat diatasnya.

Namun, pertandingan terakhir ini dipandang bukan sekedar untukmemperbaiki posisi di klasemen. Kedua tim bertekad untuk memberikan tontonanmenarik di akhir musim.

Mereka akan membuktikan, seharusnya kedua tim layakbersaing di papan atas. Bukan diposisi yang sekarang ditempati. Karena PBFC dan Arema adalah finalis turnamen pra musim, Piala Presiden 2017.

Jika dilihat dari kondisi terkini kedua tim, PBFC tentu lebih diunggulkan. Selain bermain di kandang sendiri, mereka bisa tampil dengan mayoritas pemain inti. Mental Terens Puhiri dkk juga sedang melejit setelah mengalahkan Persib Bandung pekan lalu.

Namun, pelatih Borneo FC, Iwan Setiawan tidakingin anak buahnya terlalu percaya diri.

Karena dia melihat Tim Singo Edan tetap sebagai tim juara. Meskipun kondisi saat ini Kera-kera Ngalam berada satu tingkat dibawah Tim Pesut Etam.

”Materi pemain Arema tidakbanyak berubah. Mereka tetap tim juara seperti tahun-tahun sebelumnya. Yang perlu saya tekankan kepada pemain, menghadapi pertandingan top level, harus jaga konsentrasi sepanjang pertandingan,” kata mantan pelatih Persebaya Surabaya ini.

Hanya saja Pusamania Borneo FC punya masalah recovery yang pendek. Pada Rabu (8/11/2017) mereka baru saja menjalani pertandingan melawan Persib Bandung. Praktis hanya ada waktu sekali latihan bagi tim berjulukan Pesut Etam ini.

“Memang kami minim recovery. Semoga dalam pertandingan lawan Arema fisik pemain sudah kembali ke titik normal,” ucap Iwan Setiawan penuh harap.

2 dari 3 halaman

Skuat Minimalis

Sementara itu, Arema datang dengan skuat minimalis. Mereka hanya membawa 17 pemain plus tanpa beberapa pemain inti. Seperti misalnya: Kurnia Meiga, Arthur Cunha, Syaiful Indra, Hendro Siswanto, Ahmet Atayev, Juan Pino, dan Esteban Vizcarra.

Tersisa Cristian Gonzales yang merupakan penyerang naturalisasi. ”Kami punya tanggung jawab menjaga nama besar Arema. Karena itu saya memohon kepada 17 pemain ini untuk menjaga amanah tersebut,” kata pelatih Arema, Joko ‘Getuk’Susilo.

Tentu Getuk mengalami kesulitan untuk menyusun strategi dengan keterbatasan pemain. Namun, dia sudah berdiskusi dengan para asistennya sekaligus mengamati kekuatan PBFC.

Itu jadi modal untuk memilih komposisi pemain yang tepat guna mencuri poin. Karena Arema juga ingin membawa pulang poin dari Samarinda demi menjaga gengsi.

“Kami akan siapkan strategi itu sambil melihat kondisi terakhir Arema. Yang jelas kami mewaspadai lini depan tuan rumah yang selama ini dikenal tajam,” katanya.

Itu menandakan jika Arema akan menumpuk pemain di belakang. Karena itu sudah jadi gaya Arema saat bermain di kandang lawan selama era kepelatihan Getuk. Striker PBFC, Lerby Eliandry yang jadi perhatian utama Arema. Selain berpostur jangkung dia sedang haus gol.  

Total sudah 15 gol yang dicetak striker yang masuk skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2016 hingga saat ini.

Padahal lini belakang Arema sedang kritis setelah Arthur Cunha mengalami cedera dua pekan silam. tentu bola atas akan jadi persoalan serius di pertahanan Arema.

Karena defender yang tersisa punya postur dibawah Lerby. ”Lerby striker bagus. Pemain yang ada didekatnya harus mengawal. Tapi beberapa pemain lain di sektor sayap dan tengah juga harus diwaspadai,” imbuhnya.

3 dari 3 halaman

Komposisi Pemain

Prakiraan Susunan Pemain:

Pusamania Borneo FC (4-2-3-1): M. Ridho (Kiper); Diego Michiels, Kunihiro Yamashita, Mathues Henrique, Abdul Rahman (Belakang); Flavio Junior, Asri Akbar Terens Puhiri, Sultan Sama, Patrich Wanggai (Tengah); Lerby Eliandry (Depan)

Pelatih: Iwan Setiawan

Arema FC (5-3-2): Utam Rusdiana (Kiper); Beny Wahyudi, Hanif Sjahbandi, Bagas Adi, Junda Irawan, Ahmad Alfarizi (Belakang); Ferry Saragih, Ahmad Bustomi, Hanif Sjahbandi  (Tengah); Dendi Santoso, Dedik Setiawan (Depan)

Pelatih: Joko Susilo

Video Populer

Foto Populer