Deretan Mantan Beradu di Laga Persipura Vs Sriwijaya FC

Oleh Riskha Prasetya pada 11 Nov 2017, 19:15 WIB
Diperbarui 11 Nov 2017, 19:15 WIB
Yanto Basna
Yanto Basna (kiri) dan dan pemain Sriwijaya FC asal Papua lainnya di Stadion Mandala, Jayapura. (Bola.com/Riskha Prasetya)

Bola.com, Jayapura - Pertemuan Persipura Jayapura menjamu Sriwijaya FC di Stadion Mandala, Jayapura, Minggu (12/11/2017), akan jadi laga penuh emosi. Bukan hanya karena pertandingan besok merupakan laga terakhir kedua tim pada musim ini, melainkan juga karena keberadaan beberapa pemain yang berstatus mantan kedua klub.

Ada pemain Persipura yang pernah berkostum Sriwijaya FC, sebaliknya ada juga pemain Laskar Wong Kito yang berstatus mantan pemain tim Mutiara Hitam.

Di kubu tuan rumah, tercatat nama Dede Sulaiman dan Mauricio Leal yang pernah menjadi bagian dari Laskar Wong Kito.

Dede kemungkinan jadi pemain cadangan mengingat sosok Yoo Jae-hoon sulit digantikan di bawah mistar gawang Persipura, sementara Mauricio Leal sejak didatangkan di awal putaran kedua lalu, hampir selalu menjadi pilihan pertama di lini belakang.

"Saya punya banyak kenangan indah bersama SFC karena merupakan klub pertama saya di Indonesia. Saya juga respek dengan semua pemain di sana. Tapi, besok saya akan matikan semua, baik itu Beto (Goncalves) atau Hilton (Moreira) yang merupakan sahabat baik saya. Kemenangan wajib kami raih untuk penghibur setelah gagal menjadi juara," ungkap Mauricio saat sesi jumpa media sebelum pertandingan, Sabtu (11/11).

Mauricio, Beto, dan Hilton dikenal sangat dekat dan saat Sriwijaya FC tiba di Jayapura, Mauricio langsung menyempatkan diri datang ke hotel untuk membawa sahabatnya tersebut makan bersama.

Sementara di Sriwijaya FC, ada empat pemain yang tercatat pernah berseragam skuat Mutiara Hitam, yakni Alberto Goncalves, Bio Paulin, Dominggus Fakdawer, dan Marco Meraudje.

Beto dan Bio tercatat cukup lama pernah menjadi bagian dari Persipura. Beto pernah selama enam musim membela Persipura, sementara Bio bahkan lebih lama lagi yakni 10 musim.

Selain keduanya, Sriwijaya FC masih memiliki tiga pemain asal Papua lain, yakni Yanto Basna, Yohanis Nabar, Nur Iskandar, dan Ikris W. Yahmani.

Pelatih Persipura, Wanderley Junior, menyebut faktor emosional ini akan membuat laga semakin menarik. Eks pemain Persipura yang ada di Sriwijaya FC pasti ingin menang di Jayapura. 

Pelatih asal Brasil itu tak lupa mengingatkan pemainnya agar tidak menganggap enteng deretan para mantan atau pemain asal Papua di Laskar Wong Kito.

"Sama saat pertemuan di putaran pertama lalu, posisi kami jauh lebih baik di klasemen. Tapi, semuanya tidak berarti. Selain itu dalam pandangan saya, Sriwijaya FC tak pantas ada di papan bawah karena punya materi pemain bagus. Walau tidak sesuai harapan, komposisi mereka tetap akan berbahaya. Cuma, pertemuan kedua ini berbeda karena ini laga penutup dan kami semua kecewa setelah gagal juara. Tidak ada cara lain untuk menutupinya selain memenangi partai penutup ini," tegas Wanderley.