2 Pemain Timnas Indonesia U-19 Terkejut Dipanggil Milla

Oleh Ahmad Fawwaz Usman pada 14 Nov 2017, 22:47 WIB
Diperbarui 14 Nov 2017, 22:47 WIB
Luthfi Kamal
Gelandang Timnas Indonesia U-19, Luthfi Kamal (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Jakarta Pelatih timnas Indonesia, Luis Milla telah memutuskan untuk mengkombinasikan pemain muda dan senior untuk laga uji coba bulan ini. Pelatih Spanyol itu bahkan turut memberikan kesempatan kepada beberapa pilar timnas U-19.

Milla sendiri akan mendampingi timnas Indonesia melakoni tiga laga uji coba sepanjang November 2017. Pertama, ia akan mengawal timnas U-23 untuk menghadapi Suriah U-23 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kamis (16/11/2017).

Setelah itu, giliran timnas Indonesia senior yang akan menguji kualitasnya dengan menghadapi lawan yang sama pada Sabtu (18/11/2017). Terakhir, Guyana yang akan menantang timnas senior pada Sabtu (25/11/2017).

Dalam tiga laga uji coba itu, Milla tampaknya akan mencoba berbagai hal, termasuk soal komposisi pemain. Buktinya, ada 33 pemain yang masuk daftar panggilan timnas. Bahkan, ada tiga pemain U-19 yang juga masuk daftar.

Ketiga pemain itu adalah Muhammad Luthfi, Muhammad Rafli Mursalim, dan Egy Maulana Vikri. Ketiganya memang menjadi tulang punggung timnas U-19 dalam beberapa ajang terakhir.

"Awalnya kaget waktu dapat kabar dipanggil Luis Milla. Saya akan jadikan ini momentum untuk bekerja lebih keras lagi. Saya berharap bisa belajar banyak dari pelatih dan para pemain senior. Semoga bisa cepat beradaptasi," kata Rafli, dilansir Facebook PSSI.

 

2 dari 3 halaman

Respons Luthfi

Perasaan yang sama juga diungkap Luthfi, gelandang bertahan timnas U-19. Seperti Rafli, ia juga sama sekali tak menyangka bakal masuk daftar panggilan Luis Milla.

"Saya siap memberikan kemampuan terbaik. Momen ini saya akan jadikan kesempatan untuk menimba pengalaman dari para pemain senior," timpal Luthfi.

Untuk timnas senior, dua laga yang bakal mereka jalani tak masuk dalam kalender FIFA. Namun, hal tersebut tetap berguna bagi Milla untuk meraba kekuatan timnya, khususnya untuk tim U-23.

Seperti diketahui, Milla akan mendampingi timnas U-23 berlaga di Asian Games 2018. Dalam ajang tersebut, setiap tim diizinkan untuk mengikutsertakan tiga pemain senior. Karenanya, ia juga memanggil beberapa pemain senior seperti Boaz Solossa, Andik Vermansyah, Muhammad Taufik, Fachruddin Aryanto, Ahmad Jufriyanto, hingga Ilija Spasojevic yang baru saja dinaturalisasi.

 

3 dari 3 halaman

Jadwal Timnas Indonesia

Kamis, 16 November

17.00 WIB: Timnas Indonesia U-23 vs Suriah U-23

Sabtu, 18 November

18.00 WIB: Timnas Indonesia vs Suriah U-23

Sabtu, 25 November

21.30 WIB: Timnas Indonesia vs Guyana

Lanjutkan Membaca ↓