3 Catatan Spesial Persib di Liga 1

Oleh Achmad Yani Yustiawan pada 22 Nov 2017, 20:54 WIB
Ezechiel Ndouasel

Persib Bandung gagal meraih prestasi terbaik di Liga 1 2017. Meski diperkuat sejumlah pemain ternama, termasuk mantan bintang kelas dunia, seperti Michael Essien dan Carlton Cole performa Persib tak memuaskan. 

 

Persib terpaksa harus rela finis di urutan 13 pada klasemen akhir Liga 1 dengan raihan 41 poin. Posisi ini tentunya terbilang mengecewakan bila mengingat Persib berani jor-joran untuk membeli banyak pemain bintang.

Namun itu semua belum bisa mengangkat performa Persib. Manajemen Persib pun menyampaikan permohonan maaf atas prestasi di Liga 1 2017 yang tidak sesuai harapan Bobotoh.

Meski begitu, Persib ternyata memiliki catatan istimewa sepanjang digelarnya Liga 1. Bahkan, kiper Persib mampu mencatat rekor tersendiri. Berikut 3 catatan istimewa tersebut:

 

1 of 4

Terkuat

Meski finis di peringkat 13 klasemen akhir, pertahanan Persib menjadi yang kedua terkuat selama musim ini. Persib hanya kemasukan 34 gol.

Tim pertama yang meraih catatan terbaik dalam soal pertahanan diduduki Persija Jakarta. Tim Macan Kemayoran ini jumlah kemasukannya hanya 24 gol.

Selain itu kiper Persib, M. Natshir, mencatat rekor sebanyak 9 kali cleansheet, atau ketiga terbaik di musim ini. Urutan pertama ditempati Andritany Ardhiyasa (Persija) dan M. Ridho Dzajulie (Borneo FC).

Hal lain yang tak kalah istimewa adalah gawang Persib tak mampu dijebol sang pemegang rekor pencetak gol terbanyak Liga Indonesia. Seperti diketahui rekor ini diraih striker Bali United, Sylvano Dominique Comvalius.

2 of 4

Pecahkan Rekor

Comvalius mampu memecahan rekor pencetak gol terbanyak sebelumnya legenda Bandung Raya, Peri Sandria. Rekor 34 gol yang bertahan selama 22 tahun milik Peri, kini telah terlewati jumlah gol Comvalius.

Selama ajang Liga 1 ini, Comvalius berhasil membukukan 37 gol dan menjadikannya top skor di musim 2017 ini.

Namun, tuah Comvalius tak berlaku bagi Persib. Meski menjadi yang tersubur, ia tak bisa menjebol gawang Persib selama kompetisi Liga 1 ini.

3 of 4

Tak Mampu Cetak Gol

Dari dua pertemuan di Bali dan Bandung, pemain asal Belanda itu tak mampu mencetak satu pun gol ke gawang Maung Bandung. Total 180 menit Comvalius buntu jika bertemu Persib.

Sepanjang kompetisi, dari 18 kontestan, 16 gawang tim lawan atau sebanyak 89 persen mampu ia jebol. Bahkan, juara Liga 1, Bhayangkara FC dibobolnya sebanyak tiga kali tahun ini.

Selain Persib, ada satu lagi tim yang gawangnya tak bisa Comvalius robek, yakni Pusamania Borneo FC.

Lanjutkan Membaca ↓

Sumber: liputan6.com