Sukses


Timnas Indonesia Gulung Brunei 4 Gol Tanpa Balas

Bola.com, Banda Aceh - Timnas Indonesia meraih kemenangan telak 4-0 atas Brunei Darussalam dalam pertandingan pertama mereka di Aceh World Solidarity Tsunami Cup (AWSTC) 2017 yang digelar di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Sabtu (2/12/2017). Kemenangan telak ini membawa Tim Garuda untuk sementara berada di puncak klasemen turnamen tersebut.

Hansamu Yama Pranata mencetak gol pertama pada menit ke-18. Memanfaatkan umpan sepak pojok Septian David Maulana, Hansamu Yama sempat menanduk bola dan tertahan karena permukaan lapangan yang becek di depan gawang. Namun, dengan cepat bek tengah Timnas Indonesia itu menyambar kembali bola dan menceploskan ke dalam gawang.

Septian David Maulana mencetak gol kedua melalui set piece hanya empat menit setelah gol pertama tercipta. Tembakan gelandang serang Timnas Indonesia ini sulit diantisipasi kiper Brunei karena bola memantul ke lapangan yang becek dan terkena tiang gawang sebelum akhirnya masuk ke dalam gawang.

Kedudukan 2-0 bertahan hingga babak pertama usai. Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla, mencoba merotasi pemainnya di awal babak kedua dengan memasukkan Saddil Ramdani dan Ilham Udin Armaiyn untuk menggantikan Septian David Maulana dan Febri Hariyadi yang tampil cemerlang di 45 menit pertama.

Gelandang serang Timnas Indonesia, Septian David Maulana, berselebrasi usai mencetak gol kedua ke gawang Brunei Darussalam di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Sabtu (2/12/2017). (Bola.com/Eko Deni Saputra)

Selama 15 menit pertama babak kedua, Timnas Indonesia mendapatkan beberapa peluang, termasuk peluang emas Spasojevic di depan gawang Brunei Darussalam. Namun, tim asuhan Luis Milla itu belum bisa menambah keunggulan. Luis Milla pun kembali melakukan penyegaran dengan memasukkan Muhammad Arfan menggantikan Muhammad Hargianto yang menjadi pilar di lini tengah.

Akhirnya Timnas Indonesia berhasil memperbesar keunggulan menjadi 3-0 pada menit ke-69 melalui gol yang dicetak oleh Fachruddin Aryanto. Berawal dari set piece Ilija Spasojevic yang membentur pagar penghalang, Putu Gede Juni Antara mendapatkan bola di sisi kiri kotak penalti dari gawang Brunei Darussalam. Putu Gede pun melepaskan umpan silang yang disambut dengan tandukan kepala keras yang dilakukan Fachruddin.

Unggul tiga gol, Luis Milla mengubah strategi dengan menarik keluar Ilija Spasojevic dan memasukkan Yabes Roni. Pelatih asal Spanyol itu pun menerapkan strategi false nine dengan Ilham Udin Armaiyn yang masuk di awal babak kedua menjadi pengganti peran Spasojevic.

Timnas Indonesia hampir saja menambah keunggulan menjadi empat gol pada menit ke-78 setelah Ilham Udin Armaiyn melakukan pergerakan dengan kecepatan tinggi dan memberikan umpan silang di sudut sempit saat kiper Brunei, Hamie Anak, maju menyergap. Sayang tak ada pemain yang menyambut bola umpan yang terhenti karena genangan lumpur di depan gawang Brunei.

Yabes Roni berhasil menambah lagi keunggulan Timnas Indonesia menjadi 4-0 pada menit ke-89. Berawal dari sundulan kepala Ilham Udin Armaiyn yang menerima umpan panjang, bola mengarah ke depan gawang Brunei Darussalam dan disundul lagi oleh Hanif Abdurrauf Sjahbandi, dan akhirnya disambar oleh Yabes Roni yang tak jauh dari posisi Hanif untuk menjebol gawang Brunei.

Timnas Indonesia pun berhasil meraih kemenangan telak 4-0 dalam pertandingan pertama mereka di Aceh World Solidarity Tsunami Cup 2017 dan untuk sementara berada di puncak klasemen setelah pada pertandingan lain Kyrgyzstan menang 3-0 atas Mongolia, yang merupakan lawan kedua Timnas Indonesia pada Senin (4/12/2017).

2 dari 2 halaman

Komposisi Pemain

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (kiper); Fachruddin Aryanto, Hansamu Yama Pranata, I Putu Gede Juni Antara, Ricky Fajrin (bek); Hanif Sjahbandi, Hargianto, Septian David Maulana (tengah); Miftahul Hamdi, Febri Haryadi, Ilija Spasojevic (depan).

Pelatih: Luis Milla

Timnas Brunei (4-3-3): Hamie Anak (kiper), Faezuddin, Mohd Aman AWG, M Faiz Farhan, M Nur Ikhmal (bek); Suhaimi, Hamizan Aziz, M. Yusof (tengah); Abdul Aziz Ali, M. Syarafuddin, Razimeie Ramli (depan).

Pelatih: Stephen Ng

Video Populer

Foto Populer