Sukses


Herrie Setiawan Tak Mau Sekadar Kantongi Lisensi A AFC

Bola.com, Bandung - Asisten pelatih Persib Bandung, Herrie Setiawan, akhirnya segera mengantongi lisensi pelatih A AFC. Pasalnya, kursus kepelatihan yang selama ini diikutinya di Sawangan, Depok, sudah berakhir.

Asisten pelatih Persib yang akrab disapa Jose ini berharap tidak hanya sekadar lulus dan mendapatkan sertifikat kepelatihan, namun juga bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

"Mudah-mudahan dapat hasil maksimal dan membanggakan," ujar Jose saat dihubungi, Minggu (3/12/2017).

Jose mengaku tak menyangka perjalanannya dalam bermain bola bisa terus meningkat apalagi hingga menjadi pelatih.

"Tapi, memang saat itu setelah saya rencanakan gantung sepatu, saya ikut membantu melatih tim Kota Cirebon di Piala Soeratin 2006. Saat itu saya mulai ikut kursus kepelatihan. Akhirnya keterusan," ungkapnya.

Dari pengalamannya selama ini, menjadi pelatih ternyata tidak segampang yang diperkirakan. "Tidak cukup hanya mengandalkan pengalaman sebagai pemain saja karena tren sepak bola selalu berganti setiap saat. Maka, tantangan saya saat ini harus terus memperbaiki diri. Kalau tidak seperti itu akan "tewas"," jelasnya.

Beruntung, Jose mendapatkan pengalaman berharga saat dirinya dipercaya sebagai pelatih sementara Persib menggantikan peran pelatih Djadjang Nurdjaman yang mengundurkan diri.

"Melalui kursus, saya juga lebih mengetahui tim yang baik tidak hanya karena strategi yang jitu. Namun, saya harus bisa merawat tim menjadi solid dan kuat," tuturnya.

"Intinya, jadi pelatih itu harus punya peran, harus tahu situasi dan kondisi kapan harus "keras". Selain itu, banyak juga pelatih yang pintar tapi ada faktor lain, yaitu keberuntungan," imbuh Herrie Setiawan.

 

Video Populer

Foto Populer