Sukses


PSSI Bantah Sebut Evan Dimas Tidak Punya Nasionalisme

Jakarta PSSI membantah melarang Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn untuk bermain di kompetisi Malaysia bersama Selangor FA. Padahal, Evan Dimas dan Ilham Udin sudah menandatangani kontrak dengan Selangor FA. 

Polemik bermula dari pernyataan Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi yang menyayangkan kepindahan mereka ke Selangor FA. Usai teken kontrak, beredar kabar Edy Rahmayadi menilai Evan Dimas dan Ilham hanya mementingkan uang dan tidak memiliki jiwa nasionalisme.

Namun, kabar tersebut langsung dibantah Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha.

"PSSI dalam hal ini tidak ada sama sekali memberikan larangan, apalagi sampai menyebut mereka tidak punya jiwa nasionalisme. Hanya saja, kita kan sedang dalam persiapan menuju Asian Games," kata Tisha kepada Liputan6.com, Selasa (19/12/2017).

Evan Dimas dan Ilham Udin sebelumnya sama-sama memperkuat Bhayangkara FC selama di Liga 1 2017. Keduanya sukses mengantar The Guardian meraih gelar juara musim lalu. 

Keduanya kemudian meneken kontrak bersama Selangor FA. Tentu menjadi sebuah kebanggaan karena pemain Indonesia mendapat kepercayaan memperkuat tim luar negeri.

2 dari 3 halaman

PSSI Tidak Alergi

PSSI juga tidak alergi para pemain menyeberang ke liga luar. Namun menurut, Ratu Tisha, mereka tetap harus berkoordinasi dengan demi memudahkan agenda timnas Indonesia. 

"Ini adalah sebuah kompetisi yang sangat spesial karena status Indonesia sebagai tuan rumah. Artinya, di sini pun kami sedang berupaya menjawab tantangan publik," katanya. 

"Untuk menjawab tantangan publik, timnas pun butuh skuat yang kompetitif dan diisi dengan pemain-pemain andalannya. Untuk bermain di luar negeri ya silakan saja, hanya saja kami mohon untuk koordinasi dengan kami," ia menambahkan.

 

 

3 dari 3 halaman

Demi Timnas?

Tisha menambahkan, banyak hal yang harus dikoordinasikan terkait kepindahan pemain ke luar negeri. Salah satunya adalah mengurus International Transfer Certificate (ITC) yang memang dikeluarkan PSSI. Hal lain yang juga harus dikoordinasikan adalah masalah jadwal.

"Lalu, kita juga harus menyesuaikan agenda klub dengan jadwal TC timnas. Jangan sampai ada cerita saat timnas memanggil, mereka tak dapat izin dari klub. Jadi yang kami minta hanya itu, koordinasi agar kita bersama-sama bisa mengkondisikan segalanya," katanya.

Sejatinya, ini bukan kali pertama ada pemain Indonesia yang memperkuat Selangor. Sebelumnya ada nama-nama seperti Andik Vermansah, Bambang Pamungkas, dan Elie Aiboy yang sempat menjalani karier di Malaysia.

Saksikan juga video pilihan di bawah ini:

Video Populer

Foto Populer