Sukses


Alfredo Vera Komentari Anggapan Persebaya Rasa Persipura

Bola.com, Surabaya - Kedatangan empat pilar baru Persebaya Surabaya ternyata tidak sepenuhnya disambut positif. Empat pemain tersebut, yaitu Feri Pahabol, Osvaldo Haay, Nelson Alom, dan Ruben Sanadi, semuanya didatangkan dari Persipura Jayapura.Hal itu memunculkan anggapan Persebaya akan beraroma Persipura pada musim depan dari beberapa kalangan.

Beberapa suara bahkan sempat menyebutkan Bajul Ijo tidak memaksimalkan potensi pemain asli Surabaya atau jebolan kompetisi internal.

Pelatih Persebaya, Angel Alfredo Vera, angkat bicara menanggapi anggapan tersebut. Baginya, penilaian tersebut sangat tidak relevan dengan kondisi skuat yang ada sekarang.

Dari 17 pemain yang dipertahankan Persebaya, setidaknya 10 di antaranya merupakan binaan kompetisi internal. Mereka adalah Dimas Galih, M. Syaifuddin, Adam Maulana, Misbakus Solikin, Rachmat Irianto, M. Irvan Febrianto, Oktafianus Fernando, Rendi Irwan, Sidik Saimima, dan Abu Rizal Maulana.

Dua pemain muda di antaranya berhasil mengalami perkembangan signifikan di bawah asuhan Alfredo. Dua pemain itu, yakni Adam dan Rian, sapaan akrab Rachmat Irianto. Mereka melakoni debut di bawah mantan pelatih Persipura itu.

"Sekarang banyak orang bersuara soal putra daerah. Coba dicek lagi, Adam dan Rian. Mereka itu asli Surabaya dan dari internal (Persebaya). Saya yang kasih mereka jam terbang," kata pelatih 45 tahun itu kepada Bola.com.

Rian menjalani debut di Persebaya saat menjamu Persatu Tuban (6/7/2017). Saat itu, Persebaya berhasil menang 2-0. Bek Timnas Indonesia U-19 itu tampil tenang hingga Bajul Ijo mencatatkan cleansheet untuk kali pertama di Liga 2 2017.

Sedangkan Adam, menjalani debut saat melawat ke markas Madiun Putra (20/7/2017). Di laga tersebut, Persebaya juga pulang dengan tiga poin setelah menang 2-1.

Tuduhan Terbantahkan

Hanya, Adam tampil sebagai pengganti Irfan Jaya yang keluar jelang bubaran. Adam tidak sampai semenit berada di lapangan saat itu.

Namun, Adam mulai diandalkan Alfredo saat Persebaya memasuki babak 8 besar. Ban kapten sempat melingkar di lengannya kala Persebaya melawan PS Mojokerto Putra (21/11/2017). Hal Itu kali pertama dia menjadi starter dan tampil 90 menit.

Setelah itu, dia terus menjadi andalan saat semifinal melawan Martapura FC dan laga final melawan PSMS Medan. Adam mampu menggantikan peran yang ditinggalkan Misbakus Solikin, yang sedang cedera.

Jika dibandingkan, persentase eks pemain Persipura tidak sepadan dengan pemain jebolan internal Persebaya. Jika dikomparasikan, perbandingannya hanya empat banding 10. Belum lagi, Persebaya berencana mendatangkan Andik Vermansah, yang asli didikan kompetisi internal Persebaya.

Bagi Alfredo, tuduhan tentang Persebaya yang akan bermain layaknya Persipura, sudah terbantahkan.

"Setiap tim pasti punya karakter yang berbeda. Persebaya punya sendiri, Persipura juga. Selama ini, kami selalu maksimalkan pemain internal. Kalau bagus, saya pasti akan pakai karena memang dibutuhkan oleh tim," ujar pelatih asal Argentina itu.

Video Populer

Foto Populer