Sukses


Arema Ingin Punya Ahli Bola Mati Seperti Era Marcio Souza

Bola.com, Malang - Arema FC memberikan program latihan tambahan sehari menjelang ujicoba melawan PSIS Semarang (4/1/2018). Pelatih Arema, Joko ‘Getuk’ Susilo menyiapkan enam pemain untuk jadi eksekutor bola mati.

Mereka adalah Ahmet Atayev, Rodrigo Ost, Bagas Adi, Hanif Sjahbandi, Jefri Kurniawan dan Syaiful Indra. Pemain yang disiapkan tergolong banyak. Tapi Getuk membagi para eksekutor itu dalam dua posisi.

Pemain kidal mengeksekusi tendangan bebas langsung dari setelah kiri gawang lawan. Sedangkan pemain yang mengandalkan kaki kanan di area kanan gawang lawan. Yang menarik, dua pemain muda Hanif dan Bagas ikut disiapkan. Padahal selama ini mereka tak masuk hitungan penendang jitu.

“Kami siapkan berbagai antisipasi dan cara untuk membongkar pertahanan lawan dari berbagai situasi. Tidak hanya tendangan bebas, tapi juga situasi yang lainnya,” kata Getuk.

Saat melihat para eksekutor tersebut, tembakan mereka masih jarang yang menemui sasaran. Hanya Syaiful Indra yang sempat menjebol gawang dengan tendangan bebas melengkung. Pemain 25 tahun ini dulu sering jadi penendang bola mati ketika masih memperkuat Persik Kediri musim 2014.

“Dulu beberapa kali mencetak gol dari tendangan bebas. Tapi di Arema masih belum pernah,” kata pemain jebolan Persema Malang Junior ini.

Musim ini memang Arema harus mencari eksekutor baru. Karena pemain yang jadi langganan eksekutor bola mati sudah hengkang. Seperti Ahmad Bustomi, Esteban Vizcarra, Juan Pino dan Adam Alis. 

Arema punya algojo tendangan bebas paten justru pada musim 2012, yakni Marcio Souza. Penyerang asal Brasil ini cukup banyak menyarangkan bola dari tendangan bebas langsung. Tapi pada paruh kedua dia pindah ke Persib Bandung. Dua musim sebelumnya ada Esteban Guillen Tejera. Gelandang asal Uruguay ini juga sering menyarangkan bola dari tendangan bebas melengkung.

Kedua pemain ini tidak secara instan memiliki kelebihan akurasi tendangan bebas karena mereka selalu menambah porsi latihan tendangan bebas sendiri di sela-sela latihan sehingga mereka bisa memperlihatkan kelihaiannya itu dalam pertandingan.

Video Populer

Foto Populer