Arthur Cunha Bakal Bantu Adaptasi Thiago Furtuoso di Arema

Oleh Iwan Setiawan pada 07 Jan 2018, 12:30 WIB
Diperbarui 09 Jan 2018, 12:15 WIB
Arthur Cunha

Bola.com, Malang - Pemain belakang asal Brasil, Arthur Cunha da Rocha, bakal jadi pemain penting di Arema FC. Bukan hanya karena dia bertugas sebagai palang pintu pertahanan tim Singo Edan tetapi juga karena perannya untuk membantu pemain asing lainnya beradaptasi dengan karakter bermain Arema.

Hal ini lantaran ada dua pemain asal Brasil yang baru didatangkan ke Malang untuk musim 2018. Keduanya adalah Rodrigo Ost dos Santos dan Thiago Furtuoso.

Untuk Rodrigo, dia sudah bergabung lebih awal dan melakukan adaptasi. Sedangkan Furtuoso baru tiba di Malang pada Sabtu (6/1/2018) dan harus segera menyatu dengan tim karena tenaganya sangat dibutuhkan Arema untuk mengisi sektor penyerang utama.

Arthur sudah pernah bermain bersama dengan Rodrigo di Mitra Kukar sedangkan dia belum pernah bekerja sama dengan Furtuoso. Namun, keduanya sudah saling mengenal karena sesama pemain dari Brasil dan datang ke Indonesia dalam waktu yang sama, pada 2015.

"Saya tahu Furtuoso karena pernah berhadapan. Dia penyerang bagus dan semoga bisa membawa prestasi untuk Arema. Sekarang kami satu tim dan tentu akan membantunya untuk adaptasi lebih cepat," jelas bek 28 tahun ini.

Caranya, tentu memberikan informasi terkait karakter tim hingga suporter di Malang karena Arthur sudah merasakan hal itu selama satu tahun.

Tak Ingin Berkomentar

Di media sosial, kedatangan Furtuoso ke Arema menuai beragam pendapat. Ada yang mendukung dan tidak sedikit yang mengkritik lantaran eks pemain Bhayangkara FC ini pernah mengalami cedera lutut dan mengakhiri TSC 2016 lebih awal.

Terkait beragam komentar suporter Arthur enggan menanggapi. "Sebenarnya saya tidak suka berkomentar tentang pemain lain terlalu detail karena saya juga ingin fokus dengan tim. Tapi, kami semua akan berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi Arema," imbuhnya.

Arthur memasang target bisa kembali menjadi juara di Piala Presiden karena tahun lalu dia berhasil memenanginya dengan Arema. Itulah mengapa pemain yang sempat trial di Manchester United ini berharap semua pemain punya hasrat yang sama.

"Sekarang saya fokus untuk Piala Presiden. Meski baru bergabung latihan, saya akan berusaha bisa tampil dalam kondisi 100 persen saat turnamen itu dimulai," ujarnya.

Perlu diketahui, Arthur baru tiba di Malang pada 27 Desember 2017. Baru sepekan latihan di Malang, dia sudah langsung diturunkan dalam uji coba melawan PSIS Semarang pada Kamis (4/1/2018). Kini dia juga dibawa dalam uji coba leg kedua melawan PSIS di Stadion Moch Soebroto, Magelang (7/1/2018).

Sebenarnya Arthur tidak disiapkan sebagai pemain utama dalam dua uji coba ini karena dia baru datang dari liburan di Brasil. Namun, saat bermain di Stadion Gajayana, Malang, Arema kebobolan dua gol dengan cepat sehingga pelatih Joko 'Getuk' Susilo memasukkannya lebih awal.