Simon McMenemy Ungkap Alasan Menolak Latih Indonesia Selection

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 07 Jan 2018, 21:15 WIB
Simon McMenemy

Bola.com, Depok - Posisi pelatih tim Indonesia Selection yang akan menghadapi Timnas Islandia di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (11/1/2018), berubah dari Simon McMenemy menjadi Robert Alberts.

PSSI tidak mengungkapkan alasan perubahan tersebut. Namun, Simon McMenemy mengaku menolak penunjukan itu karena tengah melakukan pemusatan latihan bersama tim asuhannya, Bhayangkara FC.

Dalam situs resminya, PSSI mengonfirmasi telah menetapkan pelatih PSM Makassar, Robert Alberts, sebagai pelatih Indonesia Selection.

Padahal, saat awal membuka voting untuk memilih 22 pemain untuk Indonesia Selection, PSSI menunjuk Simon McMenemy sebagai pelatih karena pria asal Skotlandia itu berhasil membawa Bhayangkara FC  menjuarai Liga 1 2017.

Namun, Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, menyebut penunjukan Robert Alberts mengacu kepada pengalaman sang pelatih dan dalam kondisi siap untuk menangani tim yang terdiri dari 22 pemain pilihan masyarakat Indonesia itu.

Setelah dikonfirmasi kepada Simon McMenemy terkait perubahan itu, mantan pelatih Timnas Filipina itu mengaku memang menolak tawaran ditunjuk sebagai pelatih tim Indonesia Selection. Alasannya, tak lain karena jadwal padat mengingat Bhayangkara FC tengah melakukan pemusatan latihan di National Youth Training Centre (NYTC) PSSI, Sawangan, Depok.

"Saya baru menerima uindangan resmi dari PSSI lima hari yang lalu. Sementara itu saya sudah merencanakan pemusatan latihan ini sejak jauh-jauh hari. Saya berterima kasih atas apresiasi menunjuk saya menjadi pelatih Indonesia Selection," ujar Simon McMenemy seusai memimpin tim asuhannya dalam uji coba kontra PSAD yang berakhir dengan skor 5-0 untuk kemenangan Bhayangkara FC di NYTC PSSI, Minggu (7/1/2018).

"Saya juga terikat kontrak bersama Bhayangkara FC. Saya sudah merencanakan pemusatan latihan, dan tentu semua itu membuat saya harus memilih mendahulukan Bhayangkara FC," lanjut pelatih berusia 40 tahun itu.

Di sisi lain, Bhayangkara FC meraih kemenangan 5-0 dalam uji coba yang digelar dengan durasi 3 x 30 menit. Pada laga ini, kelima gol The Guardians dicetak masing-masing oleh Vendry Mofu, Dendi Sulistyawan, I Made Wirahadi, dan James Mack yang mengemas dua gol.