Sukses


Kedah FA Ingin Ikuti Jejak Selangor Rekrut Pemain Indonesia

Bola.com, Bangkalan - Keikutsertaan Kedah FA dalam Suramadu Super Cup (SSC) melahirkan warna tersendiri. Klub asal Malaysia itu merupakan satu-satunya kontestan asal luar negeri. 

Rupanya, mereka punya misi khusus di ajang ini. Pelatih Kedah FA, Ramon Marcote tak menampik bahwa dia punya ketertarikan untuk bisa membawa pemain Indonesia untuk bergabung dalam skuatnya. Dia pun mengaku cukup mengamati perkembangan Liga 1. 

“Kalau memang ada pemain bagus buat saya cocok, kami akan ambil setidaknya satu (pemain Indonesia). Saya melihat Indonesia punya banyak pemain bagus. Ada beberapa pemain yang sangat kuat dan cepat,” kata Marcote dalam jumpa pers, Minggu malam (7/1/2018). 

Sejauh ini klub berjulukan Helang Merah itu baru punya satu pemain Asia. Dia adalah Alvaro Silva, bek asal Filipina. Mereka masih belum mengisi satu slot pemain ASEAN yang slot pemain asing tambahan menurut regulasi Malaysia Super League (MLS). 

Nah, itu bisa diisi dengan kedatangan pemain Indonesia. Atau, slot pemain Asia dan ASEAN ditukarkan dengan Silva mengingat sama-sama berasal dari negara anggota ASEAN. 

Hal ini dilakukan oleh Selangor FA yang mempunyai dua pemain asal Indonesia, Ilham Udin dan Evan Dimas. Salah satu dari mereka mengisi slot Asia, dan lainnya berstatus pemain ASEAN. 

Pernyataan Marcote itu dibenarkan oleh asisten manajer Kedah FA, Haris Che Mat. Menurutnya, tidak ada salahnya bisa membawa pemain dari Indonesia. Apalagi, sudah bukan hal baru klub Malaysia mengimpor pemain asal Indonesia. 

“Ada kemungkinan kami bawa pemain Indonesia untuk gabung Kedah FA di MLS 2018. Tapi itu semua tergantung pelatih. Ada semacam fenomena pemain Indonesia hijrah ke Malaysia. Saya rasa karena di sini banyak sekali pemain bagus,” ucap Haris.

Lebih lanjut, Marcote memuji kualitas kompetisi yang ada di Indonesia. Menurutnya, permainan di Indonesia cukup keras. Secara fisik, Indonesia punya banyak tim yang sangat kuat.

“Jika kami melakukan pekerjaaan yang bagus di sini, mungkin kami jauh lebih siap mengarungi kompetisi nantinya. Ini berbeda dengan di Malaysia dan ini sangat baik bagi kami untuk menunjukkan permainan bagus. Jadi kami harus benar-benar berjuang, dan ini akan sangat baik bagi kami,” imbuh pelatih asal Spanyol itu. 

Seperti kontestan lain, Kedah FA juga berniat untuk mencoba permainan timnya yang juga diisi oleh beberapa pemain baru dan legiun impor. Untuk bisa mewujudkannya, Marcote menyebutkan bahwa semua pemain di skuatnya dibawah di turnamen ini. 

“Kami ingin memberikan menit bermain kepada semua pemain. Hasil pertandingan memang penting, tetapi yang terpenting di turnamen ini kami juga ingin melatih kekuatan mental,” ungkap juru taktik 40 tahun itu.

Video Populer

Foto Populer