Sukses


Borneo FC Gunakan Alat Canggih untuk Memantau Pemain

Bola.com, Sleman - Ada yang berbeda dalam latihan perdana Pusamania Borneo FC di GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sleman, Senin (8/1/2018). Pelatih tim Pesut Etam, Iwan Setiawan, terlihat hanya duduk-duduk di tribune penonton sambil dengan saksama melihat tablet yang dibawa sedangkan program latihan dipimpin Head of Performance and Analysis, Jaino Matos.

Namun, apa yang dibawa sang nakhoda tim bukan tablet biasa. Iwan sedang mencermati kinerja pemain dengan menggunakan sebuah alat bernama Polar Team Pro.

"Setahu saya, Borneo FC satu-satunya klub yang menggunakan teknologi canggih dalam latihan. Semua pemain menggunakan chip, dan saya cukup membawa satu tablet bisa mengontrol kerja 25 pemain," ungkap Iwan.

Polar Team Pro adalah sebuah teknologi untuk memantau denyut jantung seseorang. Setiap personel dipasangi GPS di bagian dada untuk mencermati kinerja dalam pemain melahap sebuah program latihan. Data dan analisis setiap kinerja pemain terekam secara detail dan akurat yang dapat dilihat di sebuah tablet.

Iwan menjelaskan tak hanya soal mencermati kondisi fisik, alat tersebut juga bisa mendeteksi sekaligus merekam pemain yang sungguh-sungguh dalam melahap porsi latihan maupun tidak.

"Semua terekam secara detail. Siapa yang berlatih setengah-setengah bisa dilihat dan saya tinggal membawa tablet saja untuk mencermati kerja pemain," imbuhnya.

Mantan pelatih Persija Jakarta itu menambahkan langkah tersebut bisa menjadi contoh klub di Indonesia untuk menerapkan teknologi.

Apalagi, alat tersebut cukup praktis dan efektif untuk merekam aktivitas pemain di lapangan."Mudah-mudahan pada saat Borneo FC melakukan hal yang terbaik, akan menghasilkan prestasi yang terbaik juga," harapnya.

 

Video Populer

Foto Populer