Pertandingan Grup E Piala Presiden 2018 Pindah Stadion

Oleh Iwan Setiawan pada 15 Jan 2018, 22:15 WIB
Aremania

Bola.com, Malang - Venue penyisihan Grup E Piala Presiden 2018 mengalami perubahan. Panpel Arema FC yang jadi panitia lokal memindahkan semua pertandingan dari Stadion Kanjuruhan ke Stadion Gajayana, Malang.

Awalnya mereka berniat hanya memindahkan laga pertama saja pada 20 Januari 2018. Karena di Stadion Kanjuruhan sedang berlangsung konser musik waktu itu.

Pada Senin (15/1/2018) panitia menggelar rapat internal. Dan keputusannya semua laga penyisihan Grup E dimainkan di Stadion Gajayana Malang. Pertimbangannya pada pertandingan untuk mendekatkan venue dengan pusat kota. Sehingga Aremania bisa lebih banyak yang datang.

“Pada pertandingan kedua dan ketika sama-sama hari aktif. Dan Arema sendiri main pada jam kedua. Jadi lebih efektif jika main di Stadion Gajayana Malang,” kata Media Officer Arema, Sudarmaji.

Sejak musim lalu di Liga 1 2017, Aremania seakan lebih nyaman memberikan dukungan di Stadion Gajayana, Malang. Meski kapasitas penontonya lebih sedikit, Aremania merasa tidak terlalu jauh untuk datang.

Akan tetapi panitia Arema memiliki catatan khusus jika memang semua laga dilangsungkan di Stadion Gajayana Malang. Selain memperbaiki penerangan, penjagaan juga diperketat. Karena tingkat kebocoran penonton cukup tinggi. Selain itu, flare atau smoke bom juga lebih mudah masuk.

“Panitia akan berusaha untuk memperbaiki kekurangan yang ada. Khusus flare kami akan segara mengumpulkan berbagai informasi bagaimana barang itu bisa masuk ke dalam stadion,” kata ketua panpel Arema, Abdul Haris.

Saat  Tim Singo Edan beruji coba melawan Barito Putera kemarin (16/1/2018) smoke bom menyala hampir di semua titik. Pertandingan babak kedua sempat molor beberapa menit karena lapangan dipenuhi asap. Jika sampai hal ini terjadi di Piala Presiden, sanksi denda bakal langsung diberikan kepada panpel Arema.

Dari informasi yang dihimpun Bola.com, smoke bom banyak masuk lewat tribun dibelakang gawang. Karena tembok di tribun itu tidak terlalu tinggi.

Dan barang yang dilarang dalam turnamen atau kompetisi resmi itu dilemparkan dengan mudah oleh penonton dari luar stadion untuk dinyalakan rekannya yang sudah menunggu didalam.

“Selain memperketat penjagaan, kami harap Aremania bisa menyadari kalau menyalakan flare juga merugikan tim. Sebab, sanksi akan langsung dijatuhkan. Itu sudah tertera dalam regulasi,” keluh Haris.

Pertandingan-pertandingan Piala Presiden 2018 akan disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi Indosiar serta tayang secara live streaming di Bola.com, Vidio.com, dan Liputan6.com.